Susanto, Adi Tri and Oryza, Anggit Mukhlis and Septananda, Dwi Putra and Herwangga, Rino and Ardianto, Valentinus Wahy and Mrihardjono, Juli (2011) REKALKULASI DAYA DAN PERBAIKAN SISTEM KEMUDI SERTA TRANSMISI PADA MOBIL SUZUKI CARRY ( RECALCULATION AND POWER STEERING SYSTEM AND TRANSMISSION OF SYSTEM IMPROVEMENTS IN CARY SUZUKI ). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik.
| PDF 941Kb |
Abstract
Kebutuhan akan sarana transportasi yang dapat menunjang kelancaran arus lalu lintas belakangan ini telah meningkat dengan pesat. Hal ini mengakibatkan dibutuhkannya kendaraan-kendaraan dengan karakteristik mesin yang mampu menghasilkan traksi yang besar dan keadaan mobil yang seimbang dan nyaman. Rekalkulasi daya dan perbaikan sistem kemudi serta transmisi pada mobil suzuki carry ini merupakan perhitungan ulang pada sistem transmisi yang meliputi perhitungan daya pada mobil suzuki carry, gaya pengereman, dan gaya pada saat membelok. Selain menghitung ulang, pada laporan ini menjelaskan tentang sistem transmisi dan sistem kemudi pada mobil Suzuki carry 1000 cc, Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengendalikan arah gerak kendaraan, sesuai dengan keinginan pengemudi,dengan cara membelokkan roda depan. Bila roda depan diputar, kolom kemudi meneruskan putaran ke roda gigi kemudi.Roda gigi kemudi ini memperbesar momen putar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui sambungan–sambungan kemudi (steering linkage). Sistem transmisi berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin dengan perantaraan roda gigi ke roda penggerak. Mobil ini menggunakan pemindah gigi tipe sinkronmesh karena tidak seperti pada sliding mesh dan consntant mesh yang memerlukan waktu untuk menungu sampai gigi-gigi yang akan berkaitan itu berputar dengan kecepatan yang sama seluruhnya untuk mengaitkan gigi-giginya, bila tidak, akan menimbulkan kerusakan pada slectie gear. Kata kunci : Sistem transmisi, Sistem kemudi, Daya mobil, Gaya pengereman, Gaya belok. The need for transportation facilities that can support the smooth flow of traffic has recently increased rapidly. This resulted in the need for the vehicles with the characteristics of a machine capable of producing great traction and a state car is balanced and comfortable. Rekalkulasi power and maintenance steering system and transmission is a re-calculation of the transmission system which includes power calculation on suzuki carry cars, the braking force, and force during a turn. In addition to re-calculate, in this report describes the transmission system and steering systems on cars 1000 cc Suzuki Carry, the steering system function is to control the direction of motion of the vehicle, in accordance with the wishes of the driver, by way of deflecting the front wheels. When the front wheels turned, went round the steering column to steering gear tooth kemudi.Roda this increase torque, resulting in more power to drive the front wheels through the steering joints (steering linkage). Transmission system serves to transfer the engine power through the intermediary gears to the drive wheel. This car uses the type of gear shifting sinkronmesh because unlike the sliding mesh and mesh consntant which takes waited until the teeth that will relate it spins the same speed for linking all his teeth, if not, will cause damage to the gear slectie . Key words: transmission system, steering system, power cars, braking force, force turn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering |
ID Code: | 32792 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 02 Feb 2012 09:24 |
Last Modified: | 02 Feb 2012 09:24 |
Repository Staff Only: item control page