PERCEPTUAL MAPPING SABUN CUCI BUBUK RINSO DENGAN ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN ANALISIS KORESPONDENSI (Studi Kasus di Kecamatan Tugu Kota Semarang)

Gunargiyanti, Gunargiyanti and Rusgiyono, Agus and Safitri, Diah (2011) PERCEPTUAL MAPPING SABUN CUCI BUBUK RINSO DENGAN ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN ANALISIS KORESPONDENSI (Studi Kasus di Kecamatan Tugu Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
394Kb

Abstract

Persaingan antar perusahaan sabun cuci bubuk menyebabkan perusahaanperusahaan tersebut berlomba-lomba untuk memuaskan konsumen dengan cara menghasilkan produk yang lebih baik diantara para pesaingnya. Konsumen akan memilih merek sabun cuci sesuai dengan kesenangannya. Rinso merupakan salah satu merek yang cukup terkenal dan diminati oleh banyak orang. Dalam penelitian ini merek yang dibandingkan dengan Rinso hanya 5 merek yaitu Surf, Soklin, Attack, Daia dan Total. Persepsi konsumen terhadap sabun cuci bubuk adalah proses dimana seseorang menerima, menyeleksi dan menginterpretasi stimuli untuk membentuk gambaran menyeluruh dan berarti tentang sabun cuci bubuk. Persepsi konsumen bisa dipresentasikan dalam sebuah perceptual map melalui analisis multidimensional scaling dan analisis korespondensi. Informasi yang diperoleh dari analisis multidimensional scaling hanya sebatas kemiripan antar objek saja. Pada analisis korespondensi, selain informasi kemiripan antar objek juga bisa diketahui tentang atribut-atribut yang membedakan Rinso dengan para pesaingnya sehingga diperoleh strategi pemasaran bagi Rinso. Berdasarkan hasil studi kasus ini dapat disimpulkan bahwa semakin dekat jarak antar merek dengan atribut kepuasan maka dapat dikatakan bahwa merek tersebut mempunyai kemiripan dalam atribut tertentu dan merupakan pesaing terdekatnya. Rinso bersaing ketat dengan Attack pada beberapa atribut kepuasan yaitu atribut daya cuci, keterkenalan merek, busa, iklan, keharuman dan desain kemasan. Rinso bersaing jauh dengan Total dalam dimensi harga. Rinso juga bersaing jauh dengan Daia dan Surf dalam atribut hadiah, variasi dan kelembutan di tangan. Strategi pemasaran untuk mengatasi persaingan antara Rinso dengan pesaing terdekatnya yaitu dengan meningkatkan kualitas atribut yang sudah baik. Kemudian untuk mengatasi kekurangan Rinso dalam atribut kepuasan yaitu dengan memperbaiki kekurangan suatu atribut sehingga kepuasan konsumen tercapai. Kata kunci: Multidimensional Scaling, Analisis Korespondensi, Tabel Kontingensi, Perceptual Map

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:32782
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:02 Feb 2012 09:00
Last Modified:02 Feb 2012 09:00

Repository Staff Only: item control page