PERBEDAAN ANGKA FEKUNDITAS, FERTILITAS, DAN DAYA HIDUP NYAMUK AEDES AEGYPTI SETELAH PEMAJANAN EKSTRAK AKAR TUBA (DERRIS ELLIPTICA [ROXB.] BENTH) SEBAGAI LARVASIDA

HANDAYANI, SETITI (2011) PERBEDAAN ANGKA FEKUNDITAS, FERTILITAS, DAN DAYA HIDUP NYAMUK AEDES AEGYPTI SETELAH PEMAJANAN EKSTRAK AKAR TUBA (DERRIS ELLIPTICA [ROXB.] BENTH) SEBAGAI LARVASIDA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular vektor di Indonesia yang masih belum teratasi dengan baik dan cenderung meningkat. Upaya pengendalian vektor DBD telah banyak dilakukan secara kimiawi maupun alami. Pengendalian vektor cara kimia memerlukan biaya yang mahal oleh karena itu dicarikan alternatif lain dalam pengendalian vektor yang aman bagi lingkungan diantaranya penggunaan insektisida botani. Penelitian bertujuan menganalisis perbedaan angka fekunditas, fertilitas dan daya hidup nyamuk Ae.aegypti setelah pemajanan ekstrak akar tuba (Derris elliptica [Roxb.] Benth) sebagai larvasida. Penelitian ini menggunakan metode True Exsperiment menggunakan rancangan Post Test Only Control Group Design. Metode pembuatan ekstrak adalah maserasi. Sampel adalah larva instar III Ae.aegypti sejumlah 825 ekor. Pemasangan ovitrap dilakukan selama 86 hari. Angka fertilitas dihitung dari penetasan telur Ae.aegypti. Angka Fekunditas dihitung dari jumlah telur hasil perkawinan Ae.aegypti jantan dan Ae.aegypti betina. Daya hidup dihitung berdasarkan larva survive, pupa survive, dan nyamuk survive. Uji statistik diperoleh ada perbedaan yang signifikan angka fekunditas (p=0,000), tidak ada perbedaan yang signifikan angka fertilitas Ae.aegypti (p=0,070), tidak ada perbedaan yang signifikan larva survive (p=0,084), tidak ada perbedaan yang signifikan pupa survive (p=0,059), dan ada perbedaan yang signifikan nyamuk survive (p=0,000). Kata Kunci: Ae.aegypti, ekstrak akar tuba (Derris elliptica [Roxb.] Benth)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:32781
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2012 08:56
Last Modified:02 Feb 2012 08:56

Repository Staff Only: item control page