PRIMAWATI, KARTINI (2012) IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA PADA APLIKASI SIMULATOR RUBIKâS CUBE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Full text not available from this repository.
Abstract
Rubikâs cube atau kubus Rubik merupakan sebuah permainan mekanik berupa teka-teki tiga dimensi berbentuk kubus yang terdiri dari kubus-kubus kecil dan disatukan oleh sebuah kubus kecil yang terletak pada pusat kubus. Masing-masing sisi kubus memiliki sembilan persegi empat sebagai sisi kubus kecil yang menghadap keluar dengan kesatuan warna yang berbeda antara satu sisi dengan sisi yang lain. Kasus masalahnya adalah bagaimana menemukan komposisi warna sedemikian hingga sembilan sisi kubus kecil yang berwarna sama berada pada keenam sisi kubus dengan keadaan awal kondisi acak dimana keenam sisi kubus besar tersusun dari sembilan sisi kubus kecil yang memiliki beragam warna. Untuk menyelesaikan kasus Rubikâs cube dapat digunakan berbagai macam algoritma. Pada tugas akhir ini, algoritma genetika dipilih untuk mendapatkan solusi penyelesaian masalah. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi simulator Rubikâs cube dengan menggunakan algoritma genetika yang menghasilkan solusi terbaik dengan pengaruh maksimum iterasi dan maksimum langkah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science |
ID Code: | 32724 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 31 Jan 2012 14:11 |
Last Modified: | 31 Jan 2012 14:11 |
Repository Staff Only: item control page