Kadar Zat Besi, Serat, Gula Total, dan Daya Terima Permen Jelly dengan Penambahan Rumput Laut Gracilaria Sp dan Sargassum Sp

Anita Yuniarti, Anita Yuniarti (2011) Kadar Zat Besi, Serat, Gula Total, dan Daya Terima Permen Jelly dengan Penambahan Rumput Laut Gracilaria Sp dan Sargassum Sp. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
1183Kb

Abstract

Latar Belakang : Anemia defisiensi besi pada anak masih menjadi masalah gizi yang sering terjadi pada anak – anak. Penanggulangan anemia defisiensi zat besi dapat dilakukan dengan suplementasi tablet besi dan fortifikasi zat besi. pemberian tablet besi memiliki efek samping mual dan konstipasi selain itu tingkat kepatuhan anak untuk mengkonsumsi tablet besi rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan fortifikasi zat besi ke dalam bahan makanan yang disukai dan banyak dikonsumsi oleh anak – anak seperti permen jelly. Tujuan : Menganalisis pengaruh formulasi penambahan filtrat rumput laut terhadap kadar zat besi, serat total, gula total dan daya terima permen jelly rumput laut. Metode : Pembuatan permen jelly dengan penambahan filtrat rumput laut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental acak lengkap dua faktor dengan menggunakan jenis dan konsentrasi penambahan filtrat rumput laut. Analisis statistik dari kadar zat besi, serat total, gula total dan daya terima menggunakan uji One Way ANOVA Cl 95% dilanjutkan dengan posthoc test Tukey . Hasil : Kadar zat besi yang dihasilkan berkisar antara 1.74-7.93 mg%, kadar serat total berkisar antara 40.99%-51.85%, sedangkan kadar gula total antara 24.78%-52.86%. Formulasi penambahan filtrat rumput laut berpengaruh secara nyata terhadap kadar zat besi , kadar gula total dan daya terima untuk parameter warna permen jelly rumput laut. Simpulan : Permen jelly yang direkomendasikan adalah permen jelly dengan formulasi penambahan filtrat rumput laut Gracilaria sp sebesar 30% dengan takaran saji 10 g. Konsumsi satu takaran saji permen jelly tersebut dapat memenuhi 7,93% AKG zat besi dan 49.01% anjuran asupan serat perhari untuk anak – anak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:permen jelly, zat besi , serat total, daya terima, dan Gracilaria sp
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:32600
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2012 14:03
Last Modified:25 Jan 2012 14:03

Repository Staff Only: item control page