Lama Menjadi Kader, Frekuensi Pelatihan, Pengetahuan Gizi, dan Sikap Kader Posyandu dengan Perilaku Penyampaian Informasi Tentang Pesan Gizi Seimbang

Rizqa Amalia Sandiyani, Rizqa Amalia Sandiyani (2011) Lama Menjadi Kader, Frekuensi Pelatihan, Pengetahuan Gizi, dan Sikap Kader Posyandu dengan Perilaku Penyampaian Informasi Tentang Pesan Gizi Seimbang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate) - Published Version
821Kb

Abstract

Latar Belakang : Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) merupakan pedoman utama kegiatan penyuluhan gizi agar kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) gizi lebih terarah dan lebih efektif untuk mencapai sasaran masyarakat atau keluarga sadar gizi. Sebagai penggerak posyandu, kader posyandu bertanggung jawab atas pelaksanaan penyuluhan tentang pesan gizi seimbang di posyandu sehingga diharapkan dapat memberikan informasi yang tepat. Beberapa faktor yang diduga paling mempengaruhi kurangnya penyampaian informasi oleh kader posyandu melalui penyuluhan kepada masyarakat adalah lama menjadi kader, frekuensi pelatihan, pengetahuan gizi, dan sikap. Metode : Menurut tujuannya termasuk penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross- sectional dengan jumlah 35 subjek yang diambil secara consecutive sampling. Lama menjadi kader, frekuensi pelatihan, pengetahuan gizi, sikap, dan perilaku penyampaian informasi tentang tentang pesan gizi seimbang diperoleh dari kuesioner. Analisis data bivariat menggunakan rank Spearman dan Pearson sedangkan analisis multivariat menggunakan regresi linier. Hasil : Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lama menjadi kader dan frekuensi pelatihan dengan perilaku penyampaian informasi tentang PUGS sedangkan pengetahuan gizi dan sikap kader posyandu dengan perilaku penyampaian informasi tentang pesan gizi seimbang memiliki hubungan (r=0,482; p=0,003) dan (r=0,540; p=0,001). Simpulan : Sikap kader posyandu adalah faktor yang paling berhubungan dengan perilaku penyampaian informasi tentang PUGS.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kader posyandu, pengetahuan, sikap, perilaku, PUGS
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:32599
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2012 13:27
Last Modified:25 Jan 2012 13:27

Repository Staff Only: item control page