Determinan Ketidakpatuhan Diet Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 (Studi kualitatif di wilayah kerja Puskesmas Srondol Kota Semarang)

Banu Hanifah Al Tera, Banu Hanifah Al Tera (2011) Determinan Ketidakpatuhan Diet Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 (Studi kualitatif di wilayah kerja Puskesmas Srondol Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
1343Kb

Abstract

Latar belakang: Ketidakpatuhan pasien dalam perencanaan makan merupakan salah satu kendala dalam pengobatan Diabetes Melitus tipe 2 (DMT2). Data laporan WHO tahun 2003 menunjukkan kurang dari 50% pasien DM di negara berkembang mematuhi pengaturan makan yang diberikan. Perilaku terkait kepatuhan diet merupakan suatu hal yang spesifik dan berbeda antar individu sehingga diperlukan penelitian secara mendalam terhadap setiap responden penelitian. Tujuan: Mengetahui faktor perilaku yang melatarbelakangi ketidakpatuhan diet penderita DMT2 Metode: Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengambilan responden secara snowball sampling sesuai kriteria inklusi dan ekslusi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Triangulasi sebagai crosscheck data dilakukan kepada keluarga atau teman responden serta petugas kesehatan. Hasil: Hasil penelitian terhadap 13 responden menunjukkan bahwa belum ada responden yang melakukan pengaturan makan sesuai jumlah energi, jenis makanan, dan jadwal makan yang dianjurkan. Faktor predisposisi ketidakpatuhan diet penderita DMT2 adalah kurang pengetahuan mengenai diet DMT2, kurang kepercayaan terhadap efektivitas diet, dan persepsi yang salah terhadap keseriusan penyakit yakni dengan anggapan bahwa DMT2 yang diderita merupakan DM kering yang tidak mempunyai risiko komplikasi. Faktor pemungkin ketidakpatuhan diet penderita DMT2 adalah kurang ketersediaan dan keterjangkauan fasilitas edukasi dan konseling gizi. Faktor penguat ketidakpatuhan diet penderita DMT2 adalah anjuran teman untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan fungsional, kurangnya dukungan keluarga dan kurangnya dukungan edukasi dan konseling dari petugas kesehatan. Kesimpulan: determinan ketidakpatuhan diet penderita DMT2 adalah kurangnya dukungan edukasi dan konseling dari petugas kesehatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Ketidakpatuhan Diet, Diabetes Melitus Tipe 2, Kualitatif
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:32591
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:25 Jan 2012 12:48
Last Modified:25 Jan 2012 12:48

Repository Staff Only: item control page