Kontribusi MP-ASI Biskuit Bayi dengan Substitusi Tepung Labu Kuning (Cucurbita moschata) dan Tepung Ikan Patin (Pangasius spp) Terhadap Kecukupan Protein dan Vitamin A

Nurhidayati, Nurhidayati (2011) Kontribusi MP-ASI Biskuit Bayi dengan Substitusi Tepung Labu Kuning (Cucurbita moschata) dan Tepung Ikan Patin (Pangasius spp) Terhadap Kecukupan Protein dan Vitamin A. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
791Kb

Abstract

Latar Belakang: Pemberian MP-ASI yang tepat diharapkan tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi, tetapi juga melatih keterampilan mengunyah bayi dalam bentuk biskuit. Bahan pangan yang dapat dijadikan sumber protein dan vitamin A dalam biskuit bayi adalah ikan patin dan labu kuning. Dengan demikian perlu dilakukan penelitian tentang kontribusi MP-ASI biskuit bayi yang disubstitusi dengan tepung labu kuning dan tepung ikan patin terhadap kecukupan protein dan vitamin A. Tujuan: Menganalisis pengaruh variasi tepung labu kuning dan tepung ikan patin terhadap sifat organoleptik yang meliputi warna, rasa, tekstur dan aroma serta kandungan zat gizi meliputi karbohidrat, lemak, protein, serat, abu, air, betakaroten biskuit bayi. Metode: Merupakan penelitian eksperimental rancangan acak lengkap satu faktor yaitu pembuatan biskuit bayi dengan substitusi tepung labu kuning dan tepung ikan patin dengan variasi 1:3, 1:1, 3:1. Analisis statistik menggunakan uji One Way ANOVA CI 95% dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil: Variasi tepung labu kuning dan tepung ikan patin pada substitusi biskuit bayi berpengaruh terhadap kadar karbohidrat, lemak, protein, air, dan betakaroten. Variasi tepung labu kuning dan tepung ikan patin pada substitusi biskuit bayi tidak berpengaruh terhadap kadar serat dan abu, serta organoleptik meliputi warna, rasa, tekstur, aroma. Takaran saji biskuit bayi dengan substitusi tepung labu kuning dan tepung ikan patin sebesar 60 g. Konsumsi satu takaran saji biskuit bayi dengan variasi tepung labu kuning dan tepung ikan patin 1:3 dapat memenuhi 33,2% AKG protein dan 67,6% AKG vitamin A. Simpulan: Biskuit bayi dengan substitusi tepung labu kuning dan tepung ikan patin, berdasarkan SNI 01-7111.2-2005 sudah memenuhi standar kandungan gizi kecuali kadar air dari biskuit bayi. Biskuit bayi dengan substitusi tepung labu kuning dan tepung ikan patin mengandung tinggi protein dan tinggi vitamin A.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:MP-ASI, Biskuit Bayi, Tepung Labu Kuning, Tepung Ikan Patin, Protein, Vitamin A.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:32572
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2012 07:54
Last Modified:25 Jan 2012 07:54

Repository Staff Only: item control page