Kontribusi MP-ASI Bubur Bayi Instan dengan Substitusi Tepung Ikan Patin dan Tepung Labu Kuning terhadap Kecukupan Protein dan Vitamin A pada Bayi

Leiyla Elvizahro, Leiyla Elvizahro (2011) Kontribusi MP-ASI Bubur Bayi Instan dengan Substitusi Tepung Ikan Patin dan Tepung Labu Kuning terhadap Kecukupan Protein dan Vitamin A pada Bayi. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
582Kb

Abstract

Latar Belakang: Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) perlu diberikan pada bayi sesudah berusia 6 bulan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang meningkat. Salah satu bentuk MP-ASI yang higienis, praktis disajikan, dan dikenal masyarakat adalah bubur bayi instan. Untuk meningkatkan kandungan gizi, bahan baku MP-ASI dapat disubstitusi dengan bahan pangan sumber protein dan vitamin A seperti tepung ikan patin (Pangasius sp) dan tepung labu kuning (Cucurbita moschata). Tujuan: Menganalisis perbedaan kandungan zat gizi, densitas kamba,dan daya terima MP-ASI bubur bayi instan dengan variasi persentase substitusi tepung ikan patin dan tepung labu kuning. Metode: Merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan acak lengkap satu faktor. Eksperimen yang dilakukan adalah mengkombinasikan persentase substitusi tepung ikan patin dan tepung labu kuning sehingga diperoleh 4 formula A1B1, A1B2, A2B1, dan A2B2. Pembuatan bubur bayi instan dilakukan dengan metode dry mixing. Kandungan zat gizi yang dianalisis antara lain kadar protein, betakaroten, lemak, air, abu, serat kasar, dan karbohidrat. Pengujian daya terima dilakukan dengan uji hedonik oleh 20 panelis agak terlatih. Analisis statistik dari kandungan zat gizi, densitas kamba, dan daya terima menggunakan uji One Way ANOVA CI 95% dilanjutkan dengan posthoc test Tukey. Hasil: Terdapat perbedaan kadar protein, betakaroten, lemak, air, abu, serat kasar, dan karbohidrat antar formula bubur bayi instan. Sementara itu variasi persentase substitusi tepung ikan patin dan tepung labu kuning tidak berpengaruh secara nyata terhadap densitas kamba dan daya terima. Bubur bayi instan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah formula A2B2. Konsumsi satu takaran saji (25 g) bubur bayi instan formula A2B2 dapat memenuhi 33,75% kecukupan protein dan 102,2% kecukupan vitamin A bayi usia 9 bulan dengan berat badan 8,5 Kg. Simpulan: Bubur bayi instan dengan substitusi tepung ikan patin dan tepung labu kuning telah memenuhi persyaratan kandungan gizi, memiliki densitas kamba yang sesuai dengan bubur bayi komersial, dan dapat diterima oleh panelis. Bubur bayi instan dengan substitusi tepung ikan patin dan tepung labu kuning mengandung protein dan vitamin A tinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:MP-ASI, Tepung Ikan Patin, Tepung Labu Kuning, Protein, Betakaroten
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:32571
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2012 07:48
Last Modified:25 Jan 2012 07:48

Repository Staff Only: item control page