PERBEDAAN EFEKTIVITAS LARUTAN ASAM ASETAT PADA BERBAGAI KONSENTRASI DAN LAMA WAKTU PERENDAMAN DALAM MENURUNKAN KADAR KADMIUM IKAN KEMBUNG (Scomber canagorta)

NOVIANI, NURULLITA (2011) PERBEDAAN EFEKTIVITAS LARUTAN ASAM ASETAT PADA BERBAGAI KONSENTRASI DAN LAMA WAKTU PERENDAMAN DALAM MENURUNKAN KADAR KADMIUM IKAN KEMBUNG (Scomber canagorta). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Ikan kembung (Scomber canagorta) merupakan biota laut yang sering dikonsumsi manusia. Pencemaran logam berat di laut, menyebabkan pencemaran logam berat pada ikan. Salah satunya adalah kadmium. Hasil pemeriksaan kadar kadmium ikan kembung (Scomber canagorta) adalah 1,6426 ppm sedangkan nilai ambang batas kadar kadmium pada ikan menurut Badan Standar Nasional adalah o,1 ppm. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas larutan asam asetat pada berbagai konsentrasi dan lama waktu perendaman dalam menurunkan kadar kadmium ikan kembung (Scomber canagorta). Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan the posttest - only control group design. Populasi penelitian ini adalah ikan kembung (Scomber canagorta) yang terdapat di kawasan perairan Tanjung Emas Semarang, dengan sampel sebanyak 36. Test Homogenity of Variances didapatkan nilai p=0,203, karena p>0,05 maka data bervariansi homogen. Analisis data menggunakan Two Way Annova. Hasil penelitian menunjukkan untuk kategori konsentrasi asam asetat yaitu p=0,077 (>0,05), berarti tidak ada perbedaan yang signifikan hasil kadar kadmium sesudah perendaman dengan kontrol, sedangkan kategori lama waktu perendaman yaitu p=0,029 (<0,05), berarti ada perbedaan yang signifikan hasil kadar kadmium sesudah perendaman dengan kontrol, untuk kategori konsentrasi dan lama waktu perendaman, ada perbedaan yang signifikan hasil kadar kadmium sesudah perendaman dengan kontrol, ditunjukkan dengan nilai signifikansinya yaitu p=0,001 (<0,05). Berdasarkan analisis, kedua konsentrasi asam asetat yaitu 12,5% dan 25% serta variasi lama waktu perendaman 15, 30, 45, 60 menit tidak memiliki perbedaan efektivitas dalam menurunkan kadar kadmium pada ikan kembung (Scomber canagorta) karena kadar kadmium dalam ikan kembung (Scomber canagorta) masih di atas Nilai Ambang Batas yang ditetapkan yaitu sebesar 0,1 ppm. Kata Kunci: Konsentrasi, Waktu Perendaman, Ikan kembung (Scomber canagorta), Kadmium, Asam asetat, Efektivitas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:32567
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:24 Jan 2012 11:03
Last Modified:24 Jan 2012 11:03

Repository Staff Only: item control page