KARAKTERISASI MOLEKULER BAKTERI SIMBION KARANG LUNAK Sarcophyton sp. YANG MEMPUNYAI AKTIVITAS ANTIBAKTERI TERHADAP BAKTERI MDR Staphylococcus aureus DAN Enterobacter sp.

MISLIYANA, LISA (2011) KARAKTERISASI MOLEKULER BAKTERI SIMBION KARANG LUNAK Sarcophyton sp. YANG MEMPUNYAI AKTIVITAS ANTIBAKTERI TERHADAP BAKTERI MDR Staphylococcus aureus DAN Enterobacter sp. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Di negara-negara berkembang urutan penyakit utama masih ditempati oleh beberapa penyakit infeksi. Dalam beberapa tahun terakhir, angka kejadian pen4297yakit infeksi meningkat, termasuk urutan angka kejadian penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan Enterobacter sp.. Pemanfaatan antibiotik yang tidak tepat secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan resistensi dari bakteri patogen yang berkembang menjadi strain Multi Drug Resistant (MDR). Karang lunak Sarcophyton sp. dari perairan Indonesia mempunyai potensi penghasil senyawa bioaktif antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi bakteri simbion karang lunak Sarcophyton sp. dalam mengkontrol bakteri MDR Staphylococcus aureus dan Enterobacter sp.. Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratoris dan jenis penelitain yang digunakan adalah deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sarcophyton sp. diambil dari Perairan Tanjung Gelam, Karimunjawa, Jepara. Hasil penelitian ini memperlihatkan terdapat 25 isolat bakteri yang bersimbiosis dengan karang lunak Sarcophyton sp. dan hanya satu bakteri yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri MDR Staphylococcus aureus dan Enterobacter sp.. Namun hanya ada satu isolat bakteri yang memiliki aktifitas anti bakteri yaitu bakteri SCRTG3A1 terhadap Staphylococcus aureus dan Enterobacter sp.. Hasil indentifikasi molekuler menunjukan bahwa SCRTG3A1 memiliki homologi dengan bakteri Chromohalobacter salexigens dengan nilai homologi sebesar 99%. Kata Kunci: MDR, Sarcophyton sp., Antibakteri, Staphylococcus aureus dan Enterobacter sp.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:32477
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2012 13:43
Last Modified:18 Jan 2012 13:43

Repository Staff Only: item control page