Perbedaan Status Gizi, Ureum dan Kreatinin Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Dengan Diabetes Melitus Dan Non Diabetes Melitus di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

Siti Chadijah , Siti Chadijah and Wirawanni, Yekti (2011) Perbedaan Status Gizi, Ureum dan Kreatinin Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Dengan Diabetes Melitus Dan Non Diabetes Melitus di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
Restricted to Registered users only

426Kb

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Malnutrisi sering terjadi pada pasien Gagal Ginjal Kronik (GGK) dengan Diabetes Melitus (DM) atau Non Diabetes Melitus (DM) yang merupakan bagian dari progresifitas gagal ginjal. Penilaian status gizi pada pasien GGK dianjurkan untuk melihat beberapa parameter diantaranya adalah biokimiawi (Albumin, hemoglobin dan ureum/kreatinin), pemeriksaan klinis, dan antropometri (LLA). Tujuan : Mengetahui perbedaan status gizi, ureum dan kreatinin pasien GGK dengan DM dan Non DM di ruang rawat inap RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode : Merupakan penelitian observasional dengan rancangan Cross Sectional. Dilaksanakan pada bulan Desember 2010 – Januari 2011 dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien GGK dengan DM dan Non DM di ruang inap RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dengan jumlah responden sebanyak 12 orang yang diperoleh dengan kriteria inklusi. Alat yang dipergunakan dalam penelitian ini pita LLA untuk mengukur lingkar lengan atas, dan catatan rekam medik pasien untuk melihat hasil laboratorium Albumin, Hemoglobin, ureum dan kreatinin. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan gambaran karakteristik variabel. Hasil : Nilai median LLA pasien GGK dengan DM 24,5 dan pasien GGK Non DM 28, nilai Median albumin pasien GGK dengan DM 3,1 dan pasien GGK Non DM 3,3, nilai Median hemoglobin pasien GGK dengan DM 6,7dan pasien GGK Non DM 7,7, nilai Median ureum pasien GGK dengan DM 119 dan pasien GGK Non DM 149,5, nilai Median kreatinin pasien GGK dengan DM 6,0 dan pasien GGK Non DM 8,8 Simpulan: Status gizi berdasarkan LLA, albumin, hemoglobin, dilihat dari nilai median lebih rendah/buruk pada pasien GGK dengan DM dibandingkan dengan pasien GGK Non DM, namun dari nilai ureum dan kreatinin pasien GGK dengan DM lebih baik/rendah dibandingkan GGK Non DM.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:LLA, Albumin, Hemoglobin, ureum/kreatinin, GGK dengan DM dan non DM
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:32466
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Jan 2012 07:53
Last Modified:14 Aug 2012 11:22

Repository Staff Only: item control page