Gambaran Pemberian Kapsul Vitamin A Untuk Ibu Nifas Oleh Penolong Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Poriaha Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah

Ernita Naibaho, Ernita Naibaho (2011) Gambaran Pemberian Kapsul Vitamin A Untuk Ibu Nifas Oleh Penolong Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Poriaha Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

WarningThere is a more recent version of this item available.

[img]
Preview
PDF (thesis) - Published Version
610Kb

Abstract

Latar Belakang : Pemberian kapsul vitamin A untuk ibu nifas memiliki manfaat penting bagi ibu dan bayi yang disusuinya, selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kelangsungan hidup anak juga dapat membantu pemulihan kesehatan ibu. Cakupan pemberian kapsul vitamin A untuk ibu nifas di Puskesmas Poriaha 67,14 %. Tujuan : Mengetahui pola pemberian kapsul vitamin A untuk ibu nifas oleh penolong persalinan di wilayah kerja Puskesmas Poriaha Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta dengan desain cross sectional, pengambilan subjek dilakukan dengan metode Purposive sampling. Jumlah subjek dalam penelitian 18 orang, yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok pertama 9 penolong persalinan yang terdiri dari 7 bidan kordinator dan 2 dukun bersalin, kelompok kedua 9 ibu nifas yang persalinannya ditolong oleh subjek kelompok pertama. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan, di antara ke-9 penolong persalinan ada 4 penolong persalinan ( 44,4 % ) yang mengetahui pemberian dan manfaat kapsul vitamin A untuk ibu nifas yang diberikan dua kali. Hanya 1 dari 9 ibu nifas ( 11,1 % ) yang mengetahui tentang pemberian dan manfaat pemberian kapsul vitamin A untuk ibu nifas, ketersedian kapsul vitamin A pada penolong persalinan 987 kapsul 200.000 SI. Dari 9 penolong persalinan hanya ada 1 penolong persalinan ( 11,1 % ) yang memberikan kapsul vitamin A dua kali. Simpulan: Pengetahuan penolong persalinan, pengetahuan ibu nifas, dan ketersediaan kapsul vitamin A tidak mendukung terlaksananya pemberian kapsul vitamin A untuk ibu nifas. Peranan penolong persalinan dalam pemberian kapsul vitamin A untuk ibu nifas belum dilaksanakan secara optimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pemberian kapsul vitamin A, ibu nifas, penolong persalinan, cakupan kapsul vitamin A
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:32439
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:14 Jan 2012 08:39
Last Modified:06 May 2013 20:55

Available Versions of this Item

Repository Staff Only: item control page