Pemanfaatan Daun Ilalang (Imperata cylindrica) Sebagai Campuran Media Tanam Pada Pertumbuhan Jamur Ling zhi (Ganoderma lucidum)

Kristianasari, Dian (2004) Pemanfaatan Daun Ilalang (Imperata cylindrica) Sebagai Campuran Media Tanam Pada Pertumbuhan Jamur Ling zhi (Ganoderma lucidum). Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1603Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
210Kb
[img]
Preview
PDF
43Kb
[img]
Preview
PDF
95Kb
[img]
Preview
PDF
445Kb
[img]
Preview
PDF
116Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

278Kb
[img]
Preview
PDF
20Kb
[img]
Preview
PDF
96Kb
[img]
Preview
PDF
330Kb

Abstract

Jamur ling zhi merupakan jamur kayu pengguna selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang mempunyai khasiat obat. Media tanam yang umum digunakan dalam budidaya jamur ling zhi adalah serbuk gergajian kayu. Pada penelitian ini dilakukan substitusi serbuk gergajian kayu dengan daun ilalang pada konsentrasi tertentu. Terdapatnya trikoma pada daun ilalang diduga dapat membantu penyebaran miselia dalam media tanam, sehingga mampu mempercepat pertumbuhan jamur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemungkinan penggunaan daun ilalang sebagai pengganti serbuk gergajian kayu dalam media pertumbuhan jamur ling zhi; pengaruh penggunaan daun ilalang sebagai campuran media tanam terhadap pertumbuhan jamur ling zhir dan berapa komposisi daun ilalang — serbuk gergajian kayu yang terbaik untuk budidaya. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Jamur & Tanaman Obat PT. Sido Muncul, Semarang dan Usaha Budidaya Jamur Unggul, Gunung Pati pada bulan Juli 2003 — Januari 2004. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap faktor tunggal dengan 6 variasi konsentrasi substitusi daun ilalang: 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%, masing-masing diulang sebanyak 3 kali. Parameter-parameter yang diamati adalah waktu "full grown", pembentukan"pin head", pembentukan tubuh buah, panen, berat kering, dan nilai Biological Efficiency Ratio (BER). Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam dengan taraf kepercayaan 95%. Data yang tidak normal dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Kruskal-Wallis dan bila ada beda nyata dilakukan uji lanjut Maim-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun ilalang dapat digunakan sebagai substitusi serbuk gergajian kayu dan berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur ling zhi Hasil terbaik diperoleh dari media perlakuan dengan konsentrasi daun ilalang sebanyak 20%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:32166
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:03 Jan 2012 06:40
Last Modified:03 Jan 2012 06:40

Repository Staff Only: item control page