PERAN PERLINDUNGAN DAN PENDAMPINGAN LRC-KJHAM TERHADAP KORBAN SEBAGAI UPAYA PENGHAPUSAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG

Afitri Ekayanti, Nur (2011) PERAN PERLINDUNGAN DAN PENDAMPINGAN LRC-KJHAM TERHADAP KORBAN SEBAGAI UPAYA PENGHAPUSAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
64Kb

Abstract

Kota Semarang memiliki angka tindak KDRT paling tinggi di Jawa Tengah. Berdasarkan amanat undang-undang, Pemerintah Daerah diwajibkan melakukan upaya-upaya penghapusan kekerasan gender, termasuk kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga (KDRT). Salah satu cara untuk menghapus tindak kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi, Pemerintah Kota Semarang melakukan upaya perlindungan dan pendampingan terhadap perempuan yang menjadi korban. Agar upaya tersebut dapat dijalankan menyeluruh sampai ke tingkat masyarakat yang paling bawah, Pemerintah Kota Semarang menjalin kerjasama dengan LSM/NGO yang peduli pada perwujudan keadilan dan kesetaraan gender, salah satunya Legal Resource Center – Keadilan Gender dan Hak Asasi Manusia (LRC-KJHAM). Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian deskriprif kualitatif melalui pengamatan langsung di lapangan dan dokumen-dokumen resmi LRC-KJHAM, salah satunya laporan tahunan tindak kekerasan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara LRC-KJHAM sendiri dan korban KDRT yang menjadi klien LRCKJHAM dan pengamatan, kemudian dianalisis secara kualitatif. Upaya perlindungan dan pendampingan korban yang dilakukan LRC-KJHAM terdiri dari bantuan hukum (litigasi) dan non hukum (non litigasi), serta mediasi. Bentuk-bentuk bantuan non litigasi lebih pada upaya pemulihan medis dan psikis korban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan LRC-KJHAM memiliki peranan penting dalam upaya penghapusan KDRT di Kota Semarang walaupun masih dirasakan kurang optimal disebabkan hambatan dan keterbatasan yang dimiliki dan dihadapi LRC-KJHAM. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Kelompok Support Group memegang peranan penting dalam peran perlindungan dan pendampingan korban yang dilakukan LRC-KJHAM. Kata kunci : perlindungan korban, pendampingan korban, KDRT.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:31971
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:16 Dec 2011 13:37
Last Modified:28 Dec 2011 07:49

Repository Staff Only: item control page