ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA SEMARANG DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA SEMARANG TAHUN 2011)

Pradika Septia Laras , Lita (2011) ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA SEMARANG DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA SEMARANG TAHUN 2011). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
68Kb

Abstract

Masih terlihatnya masalah tingkat kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Semarang menjadi latar belakang penelitian ini. Rendahnya tingkat kedisiplinan diasumsikan menyangkut 2 faktor yaitu disiplin pegawai dan kepemimpinan. Masalah yang muncul: bagaimanakah kepemimpinan kepala dinas perhubungan komunikasi dan informasi kota Semarang dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai? Tujuan penelitian untuk mengetahui kepemimpinan mempunyai pengaruh paling dominan terhadap tingkat kedisiplinan Dinas Perhubungan Komunukasi dan Informasi Kota Semarang dan untuk mengetahui variabel mana yang lebih dominan mempengaruhi tingkat kedisiplinan PNS Dinas Perhubungan Komunukasi dan Informasi Kota Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi dan daftar pertanyaan. Sample penelitian sebanyak 75 responden, diambil dengan metode proporsional random sampling. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Pengujian hipotesis menggunakan rumus Koefisien Korelasi Rank Kendall, Koefisien Konkordasi Rank Kendall dan Koefisien Determinasi melalui program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan membuktikan adanya hubungan positif antara kepemimpinan pegawai dengan tingkat kedisiplinan pegawai dengan hasil perhitungan diperoleh Zhitung=6,1> Ztabel 5% (1,96). Serta ada hubungan positif antara kepemimpinan terhadap tingkat kedisiplinan pegawai dengan hasil perhitungan diperoleh X hitung 10,125> X tabel 5,991. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kedisiplinan pegawai di Dinas Perhubungan Komunukasi dan Informasi Kota Semarang. Kata Kunci : Tingkat Kedisiplinan, Kepemimpinan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:31958
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:15 Dec 2011 13:59
Last Modified:15 Dec 2011 13:59

Repository Staff Only: item control page