PARTNERSHIP PEMERINTAH DAERAH KUDUS DAN PERUSAHAAN DALAM KERANGKA LOCAL GOOD GOVERNANCE (STUDI REALISASI CSR PT. DJARUM KUDUS)

Irawan, Kurnia (2011) PARTNERSHIP PEMERINTAH DAERAH KUDUS DAN PERUSAHAAN DALAM KERANGKA LOCAL GOOD GOVERNANCE (STUDI REALISASI CSR PT. DJARUM KUDUS). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
78Kb

Abstract

Adanya konsep tanggung jawab sosial perusahaan diharapkan bisa menjadi suatu kesempatan bagi pemerintah daerah untuk menjalin sebuah kemitraan bersama perusahaan dalam menegembangkan dan mengaplikasikan tatanan kepemerintahan lokal yang baik atau local good governance. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memahami bagaimana realisasi pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan di PT. Djarum di Kabupaten Kudus, dan bagaimana hambatan yang dirasakan oleh pemerintah daerah dan perusahaan dalam melaksanakan program kemitraan ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis data deskriptif studi kasus yang bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan kemitraan antara Pemda Kudus dan PT. Djarum dalam merealisasikan program tanggung jawab sosialnya. Untuk teknik pengumpulan data di lapangan peneliti melakukan wawancara mendalam kepada informan yang telah ada dalam lingkup penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejauh ini pelaksanaan kemitraan Pemda Kudus dan PT. Djarum adalah merupakan kemitraan yang bersifat nonformal. PT. Djarum melaksanakan CSRnya berdasarkan keinginan dan ide dari pemilik perusahaan dan dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan melalui proses perencanaan dan proses evaluasi. Kedepannya, Pemda Kudus dan PT. Djarum harus berusaha memberikan suatu tingkat ukuran keberhasilan yang jelas bagi setiap pelaksanaan kemitraan CSR perusahaan. Hal ini dapat menciptakan suatu inovasi regulasi bagi kemitraan yang dilaksanakan oleh Pemda dan PT. Djarum yang selama ini hanya masih bersifat nonformal. Kata Kunci : partnership, local governance, CSR.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:31957
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:15 Dec 2011 13:03
Last Modified:15 Dec 2011 13:07

Repository Staff Only: item control page