IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PNPM-MD (PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN) DI DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Martalalu, Bondan (2011) IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PNPM-MD (PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN) DI DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
53Kb

Abstract

Krisis ekonomi yang terjadi semenjak Juli 1997 membawa dampak semakin meningkatnya jumlah penduduk miskin di Indonesia. Dalam hal ini, pemerintah telah membuat berbagai program untuk mengentaskan kemiskinan. Pada tahun 1998 Pemerintah meluncurkan satu program pengentasan kemiskinan yaitu PPK (Program Pengembangan Kecamatan) dan P2KP (Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan) yang pada tahun 2008 berubah menjadi PNPM-MD (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan) dan PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan). Penelitian ini untuk menunjukkan sejauh mana pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui PNPM-MD dan untuk mengetahui hambatan pelaksanaan PNPM-MD di Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Tipe penelitian ini deskriptif analitis, yakni menggambarkan, kemudian menganalisa fakta yang ada. Data yang digunakan lebih dominan data sekunder, dilengkapi dengan observasi dan interview. Kemudian data tersebut dianalisa dan diambil kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PNPM-MD di Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak ini cukup baik. Walaupun terdapat hambatan, tetapi dapat diatasi. Berbagai hambatan proses pelaksanaan PNPM-MD perlu menjadi perhatian dari tim fasilitator kecamatan Mranggen agar pelaksanaan PNPM-MD selanjutnya berjalan lebih baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JC Political theory
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:31937
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:13 Dec 2011 13:56
Last Modified:13 Dec 2011 13:56

Repository Staff Only: item control page