TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS LSM LOKAL DI INDONESIA (TELAAH KRITIS TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS KINERJA LSM PATTIRO SEMARANG PERIODE TAHUN 2008-2010)

Nugroho, Aryanto (2011) TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS LSM LOKAL DI INDONESIA (TELAAH KRITIS TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS KINERJA LSM PATTIRO SEMARANG PERIODE TAHUN 2008-2010). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Jurusan Ilmu Pemerintahan) - Submitted Version
66Kb

Abstract

Maraknya pendirian LSM pasca reformasi memunculkan wacana transparansi dan akuntabilitas kinerja LSM. Hal ini didasarkan pada berbagai fenomena penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada kinerja LSM di Indonesia. Menjadi sebuah pertanyaan adalah bagaimanakah transparansi dan akuntabilitas kinerja LSM selama ini. LSM PATTIRO Semarang sebagai salah satu LSM lokal di Kota Semarang juga dihadapkan dengan persoalan yang sama yaitu transparansi dan akuntabilitas. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana transparansi dan akuntabilitas kinerja LSM PATTIRO Semarang. Penelitian ini didukung oleh teori tentang akuntabilitas, transparansi, kinerja dan teori tentang perkembangan LSM di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah tipe kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Data diperoleh melalui teknik wawancara mendalam dan studi pustaka. Setelah data dikumpulkan, kemudian dideskripsikan secara tekstrural, struktural dan gabungan kemudian dianalisis serta dilakukan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi dan akuntabilitas kinerja LSM PATIRO Semarang baik. Hal ini didasarkan pada temuan-temuan penulis dengan menggunakan indikator kinerja melalui komponen internal maupun eksternal organisasi LSM PATTIRO Semarang. Faktor yang mendukung transparansi dan akuntabilitas kinerja LSM adalah komponen internal orientasi organisasi dan manajemen organisasi. Adapun faktor penghambat transparansi dan akuntabilitas LSM PATTIRO Semarang adalah ketergantungan dana terhadap lembaga donor, belum adanya mekanisme exit strategi dalam pengelolaan program, keterbatasan pendanaan untuk melakukan audit laporan keuangan, keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam mengembangkan layanan informasi. Implikasi secara akademis penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan ilmu pengetahuan dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu pemerintahan terkait permasalahan transparansi dan akuntabilitas LSM. Selain itu, penelitian ini diharapkan juga mampu memberikan sumbangan ilmu pengetahuan serta wacana kepada aktivitas LSM lokal di Indonesia pada umumnya dan LSM PATTIRO Semarang pada khususnya dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja organisasinya. Kata Kunci : Transparansi, Akuntabilitas, LSM

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:31934
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:13 Dec 2011 13:39
Last Modified:13 Dec 2011 13:39

Repository Staff Only: item control page