STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN PASAR TRADISIONAL Berdasarkan Program Pasar Berseri (studi kasus Pasar Bulu Kota Semarang)

SUMIATI, - (2011) STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN PASAR TRADISIONAL Berdasarkan Program Pasar Berseri (studi kasus Pasar Bulu Kota Semarang). Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3411Kb

Abstract

ABSTRAK Pasar tradisional merupakan penggerak perekonomian rakyat dan sumber pendapatan daerah. Daya saing pasar tradisional saat ini semakin lemah dengan keberadaan pasar modern disamping kondisi fisiknya yang menampilkan citra negatif seperti kotor, kumuh, becek, pengap dan gelap. Program Pasar Berseri merupakan program yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pasar yang bersih, sehat, tertata dan ramah lingkungan. Pengembangan Program PB terdiri dari Aspek perilaku pelaku pasar, aspek produk ramah lingkungan dan produk lokal; dan aspek penataan sarana – prasarana dan pengelolaan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengelolaan dan merumuskan strategi pengelolaan lingkungan Pasar Bulu berdasarkan Program Pasar Berseri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penentuan informan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Pengolahan data lapangan menggunakan model Miles dan Huberman dan merumuskan strategi dengan analisis SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kekuatan Pasar Bulu terletak pada pedagang sebagai sumber daya dalam pengelolaan lingkungan, adanya paguyuban pedagang, nilai dan letak bangunan dan komitmen pengelola untuk mengelola sampah. Kelemahannya adalah visi dan misi pengelola pasar kurang memperhatikan aspek pengelolaan lingkungan pasar hanya meliputi ketertiban, kebersihan dan pendapatan atau retribusi yang ditarik dari pedagang, tidak ada akses informasi Tingkat pengetahuan tentang lingkungan yang rendah baik pengelola dan pedagang Strategi pengelolaan Pasar Bulu dapat dilakukan melalui peningkatkan peran pedagang dan pengelola terhadap strategi pemasaran dan pelayanan berbasis lingkungan, dengan mengedepankan daya tarik bangunan dan produk lokal serta meningkatkan kepedulian pengelola dan pedagang terhadap pengelolaan lingkungan terutama pengomposan, pengelolaan air limbah, penghematan air dan listrik melalui sosialisasi dan pelatihan. Pengelolaan lingkungan Pasar Bulu Melalui Program PB dapat menekan biaya operasional Pasar Bulu sehingga pedagang kecil dapat tetap berjualan dan kenyamanan pembeli dapat dimaksimalkan. Kata kunci : Pasar Tradisional; Program Pasar Berseri;Pengelolaan berbasis lingkungan

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:31615
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:23 Nov 2011 15:12
Last Modified:16 Feb 2012 15:22

Repository Staff Only: item control page