Tingkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kabupaten Jember, Jawa Timur (studi di Kelurahan Tegalgede, Sumbersari dan Desa Pontang, Ambulu)

TRIAS YUNIAR , MEDIAWATI (2011) Tingkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kabupaten Jember, Jawa Timur (studi di Kelurahan Tegalgede, Sumbersari dan Desa Pontang, Ambulu). Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan.

[img]
Preview
PDF - Published Version
97Kb

Abstract

ABSTRAK Pembangunan yang berorientasi pada pembangunan manusia haruslah ada keterlibatan langsung dari masyarakat penerima program karena dengan adanya partisipasi masyarakat maka hasil pembangunan tersebut akan sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat itu sendiri. PNPM Mandiri Perkotaan merupakan program yang dirancang dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam setiap kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji tingkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Tegalgede Kecamatan Sumbersari dan Desa Pontang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif untuk lebih memahami situasi sosial secara mendalam. Penentuan informan kunci dilakukan secara purpossive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Arnstein untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan pada PNPM Mandiri Perkotaan sedangkan rekomendasi dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil menunjukkan partisipasi masyarakat dalam fenomena prakarsa berada pada tingkatan placation. Fenomena pembiayaan berada pada tingkatan consultation sedangkan pengambilan keputusan dan mobilisasi tenaga berada pada tingkatan delegated power. Untuk Fenomena penyelesaian masalah berada pada tingkatan partnership. Rekomendasi yang dirumuskan terkait dengan upaya peningkatan partisipasi dalam pengelolaan lingkungan pada fenomena prakarsa, pembiayaan, pengambilan keputusan, mobilisasi tenaga dan penyelesaian masalah. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, PNPM Mandiri Perkotaan, Pengelolaan Lingkungan, Teori Arnstein

Item Type:Thesis (Masters)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:31467
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:22 Nov 2011 10:23
Last Modified:22 Nov 2011 10:24

Repository Staff Only: item control page