PROGRAM ADIWIYATA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH (studi kasus SDN Panggung 04 Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah)

YUPITER L.MANURUNG, - (2011) PROGRAM ADIWIYATA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH (studi kasus SDN Panggung 04 Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah). Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan.

[img]
Preview
PDF - Published Version
140Kb

Abstract

ABSTRAK Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah (Studi Kasus SDN Panggang 04 Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah) Kegiatan pembangunan dan pesatnya kemajuan teknologi telah menimbulkan dampak pada lingkungan. Merespon hal itu Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia mencanangkan Program Adiwiyata di bidang pendidikan untuk mendorong sekolah yang ada di Indonesia turut serta dalam pengelolaan lingkungan. SDN Panggang 04 Kabupaten Jepara menjadi salah satu dari delapan SD di Indonesia dan satu-satunya SD di Propinsi Jawa Tengah yang berpredikat Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan pemilihan sampel dilakukan dengan metode purpossive sampling. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, kuesioner, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga sekolah SDN Panggang 04 Jepara memiliki perilaku yang peduli dalam pengelolaan lingkungan seperti menanam dan merawat tanaman, memilah dan membuang sampah; menghemat pemakaian air, listrik dan kertas. Program Adiwiyata diimplementasikan di SDN Panggang 04 Jepara melalui pengembangan kebijakan sekolah, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan atau pengembangan sarana pendukung sekolah dengan kerjasama antara guru, siswa, orangtua, Komite Sekolah, dinas/instansi terkait lingkungan hidup yang ada di pemerintah Kabupaten Jepara. Program Adiwiyata perlu diterapkan di sekolah-sekolah untuk membentuk perilaku peduli terhadap lingkungan bagi warga sekolah. Kata kunci : Program Adiwiyata, perilaku, pengelolaan lingkungan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:31463
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:22 Nov 2011 09:08
Last Modified:22 Nov 2011 09:08

Repository Staff Only: item control page