The Different Language Style and Language Function Between Students and Teachers in Updating Their Status In Facebook Webpage (A Case Study of the Topic National Final Examination 2011)

ADHALINA, NURUL (2011) The Different Language Style and Language Function Between Students and Teachers in Updating Their Status In Facebook Webpage (A Case Study of the Topic National Final Examination 2011). Undergraduate thesis, University of Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) - Published Version
66Kb

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting bagi manusia, karena mereka dapat memperoleh informasi dan bahkan dapat mengekspresikan ide mereka terhadap dunia luar. Seiring dengan perkembangan budaya dan teknologi, bahasa juga mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut terlihat pada adanya variasi bahasa yang digunakan oleh orang-orang dalam berkomunikasi. Adanya variasi bahasa tentu saja dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti pendidikan, usia, latar belakang sosial, dan lain-lain. Penggunaan internet akhir-akhir ini semakin marak, apalagi dengan munculnya berbagai macam situs jejaring sosial. Salah satu situs jejaring sosial yang sangat terkenal adalah Facebook. Hampir semua kalangan menggunakan situs ini untuk berkomunikasi. Komunikasi dalam Facebook sendiri tentu saja dilakukan dengan menggunakan gaya bahasa, baik itu formal maupun informal. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis perbedaan gaya dan fungsi bahasa oleh siswa dan guru ketika mereka memperbaharui status mereka di Facebook dengan topik Ujian Akhir Nasional. Penulis menggunakan landasan teori dari beberapa ahli seperti Holmes, Martin Joos, Wardhaugh, dll. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi dan observasi serta Simak Libas Bebas Cakap. Sampel penelitian yang diambil didasarkan pada “status updated” dengan topik yang sama, yakni Ujian Akhir Nasional oleh dua siswa dan dua guru Sekolah Menengah Pertama di Tegal. Hasil yang penulis peroleh adalah terdapat perbedaan gaya bahasa antara siswa dan guru Sekolah Menengah Pertama dalam status update mereka. Siswa menggunakan gaya bahasa Kasual, sedangkan guru menggunakan gaya bahasa Formal. Perbedaan gaya bahasa tersebut dipengaruhi oleh faktor non linguistik; Partisipan dan Fungsi mempengaruhi gaya bahasa Kasual pada Siswa, sedangkan Partispan, Topik, dan Fungsi mempengaruhi gaya bahasa Formal pada Guru. Di sisi lain, faktor dimensi sosial yang mempengaruhi adalah Skala Jarak Sosial pada siswa dan Skala Status pada guru. Dalam penelitian ini, penulis tidak menemukan perbedaan fungsi bahasa. Dari keempat status updated tersebut sama-sama menggunakan fungsi Ekspresif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Bahasa, Facebook, Status Updated, Gaya Bahasa, Fungsi Bahasa
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
ID Code:31266
Deposited By:mrs sastra inggris
Deposited On:17 Nov 2011 10:22
Last Modified:17 Nov 2011 10:22

Repository Staff Only: item control page