PENELITIAN KADAR TIMBAL DALAM RAMBUT SISWA SEKOLAH DASAR DI SURAKARTA (Penelitian di SD Islam Nadhatul Muslimah dan SD 6 Al Islam Al Fajar Surakrta)

FADLILAH , NORMALA (2009) PENELITIAN KADAR TIMBAL DALAM RAMBUT SISWA SEKOLAH DASAR DI SURAKARTA (Penelitian di SD Islam Nadhatul Muslimah dan SD 6 Al Islam Al Fajar Surakrta). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pencemaran udara oleh partikel timbal dapat menimbulkan dampak kesehatan yang sangat berbahaya, terutama pada anak-anak. Hal ini disebabkan karean logam Pb dapat terakumulasi dalam jaringan tubuh manusia, salah satunya adalah dalam rambut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kadar Pb dalam rambut antara siswa sekolah dasar yang berlokasi dekat dari jalan raya dengan siswa sekolah dasar yang berlokasi jauh dari jalan raya. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan studi Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Islam Nadhatul Muslimah dan SD 6 Al Islam Al Fajar Surakarta. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, yaitu siswa sd Islam Nadhatul Muslimah berjumlah 30 siswa dan SD 6 Al Islam Al Fajar berjumlah 24 siswa. Metode statistik yang digunakan yaitu Independent t-test . Dari hasil penelitian didapatkan hasil yaitu erata-rata kadar timbal dalam rambut siswa sekolah dasar yang berlokasi dekat dari jalan raya (SD Islam Nadhatul Muslimah)adalah sebesar 0,5257 ppm dan rata-rata kadar timbal dalam rambut siswa sekolah dasar yang berlokasi jauh dari jalan raya (SD 6 Al Islam Al Fajar)adalah sebesar 0,3517 ppm. Hasil analisis statistik antara lokasi sekolah dengan kadar timbal dalam rambut siswa sekolah dasar didapatkan nilai t 2,020 dan nilai p 0,048 menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata kadar timbal dalam rambut antara siswa sekolah dasar yang berlokasi dekat dari jalan raya (SD Islam Nadhatul Muslimah)dengan siswa sekolah dasar yang berlokasi jauh dari jalan raya (SD 6 Al Islam Al Fajar). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kadar timbal dalam siswa sekolah dasar yang berlokasi dekat dari jalan raya (SD Islam Nadhatul Muslimah) maupun siswa sekolah dasar yang berlokasi jauh dari jalan raya (SD 6 Al Islam Al Fajar) masih dibawah standar yang diperbolehkan olah London Laboratory Services Groups yaitu sebesar 1,2 ppm. Disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan metode lain serta variabel dan sampel yang lebih banyak guna memperbaiki kelemahan dari penelitian ini. Kata Kunci: Lokasi Sekolah, Pb rambut, Siswa SD

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:31235
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Nov 2011 08:51
Last Modified:17 Nov 2011 08:51

Repository Staff Only: item control page