PENGARUH EKSTRAK ETANOL MENGKUDU (Morinda citrifolia L) TERHADAP DIABETIK NEFROPATI PADA TIKUS SPRAQUE DAWLEY YANG DIINDUKSI STREPTOZOTOCIN (STZ) Dengan kajian VEGF dan mikroalbuminuria(MAU)

Murnah, Murnah (2011) PENGARUH EKSTRAK ETANOL MENGKUDU (Morinda citrifolia L) TERHADAP DIABETIK NEFROPATI PADA TIKUS SPRAQUE DAWLEY YANG DIINDUKSI STREPTOZOTOCIN (STZ) Dengan kajian VEGF dan mikroalbuminuria(MAU). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul) - Published Version
98Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 1) - Published Version
140Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 2) - Published Version
492Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 3) - Published Version
87Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 4) - Published Version
166Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 5) - Published Version
568Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 6) - Published Version
160Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 7) - Published Version
84Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka) - Published Version
2044Kb

Official URL: http://mbiomedik.undip.ac.id/

Abstract

Latar belakang: Mengkudu (Morinda citrifolia L) telah diketahui secara ilmiah memiliki beberapa bahan aktif polifenol,antioksidan dan flavonoid yang berperan menurunkan stress oksidatif, kemampuan meregenerasi fungsi ginjal melalui pengukuran berbagai ekstraselular matriks protein dan faktor pertumbuhan. Perbaikan fungsi ginjal diukur berdasarkan mikroalbuminuria (MAU) dan ekspresi VEGF ginjal.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian Morinda citrifolia L terhadap mikroalbuminuria dan ekspresi VEGF ginjal pada diabetes nefropati tikus Sprague Dawley yang diinduksi streptozotocin. Metode: Penelitian menggunakan desain randomized post test only control group. Tiga puluh ekor tikus jantan Sprague Dawley, dibagi dalam lima kelompok: kontrol positif yang diinduksi streptozotocin; dan empat kelompok perlakuan yang diinduksi streptozotocin dan diberi ekstrak Morinda Citrifolia L dosis bertingkat 50; 100; 200; 400mg/kg BB selama dua minggu. Kadar gula darah, mikroalbuminuria dan ekspresi VEGF pada tikus urin dan jaringan ginjal dinilai berdasarkan uji non parametrik Kruskal Wallis dilanjutkan uji Mann Whitney dengan α <0,05. Hasil: Pemeriksaan kadar gula darah, mikroalbuminuria dan ekspresi VEGF ginjal pada keempat kelompok yang diberi ekstrak Morinda citrifolia L, semuanya menunjukkan perbedaan bermakna dibandingkan kontrol positif, membuktikan bahwa pemberian ekstrak secara bermakna memperbaiki kadar albumin dalam urin dan ekspresi VEGF ginjal, namun perbaikan ini belum mampu mencapai keadaan normal. Perbaikan yang ditunjukkan oleh gambaran imunohistokimia ekspresi VEGF sejalan dengan peningkatan dosis ekstrak yang diberikan. Simpulan: Ekstrak Morinda citrifolia L, memiliki efek perbaikan terhadap fungsi ginjal yang dideteksi melalui mikroalbumnuria dan ekspresi VEGFakibat induksi streptozotocin. Kata kunci: Mengkudu, diabetes nefropati, mikroalbuminuria,ekspresi VEGF-IHC.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Biomedical Science
ID Code:31166
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Nov 2011 08:59
Last Modified:16 Nov 2011 08:59

Repository Staff Only: item control page