HUBUNGAN ANTARA SANITASI LINGKUNGAN RUMAH DAN PRAKTEK KEBERSIHAN DIRI DENGAN KEJADIAN KECACINGAN (STUDI KASUS PADA MURID SD NEGERI ASINAN 01 DESA ASINAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG)

RAHMAWATI , SARI LESTARI (2009) HUBUNGAN ANTARA SANITASI LINGKUNGAN RUMAH DAN PRAKTEK KEBERSIHAN DIRI DENGAN KEJADIAN KECACINGAN (STUDI KASUS PADA MURID SD NEGERI ASINAN 01 DESA ASINAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
28Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Infeksi cacing usus terutama yang tergolong soil transmitted helminthes di daerah tropis seperti Indonesia masih merupakan penyakit rakyat dengan prevalensi yang cukup tinggi. Prevalensi pada anak lebih tinggi karena mereka belum mengerti benar arti kesehatan. Anak usia sekolah dasar masih suka bermain di tanah yang kemungkinan besar telah terkontaminasi telur cacing akibat pembuangan tinja di sembarang tempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara sanitasi lingkungan rumah dan praktek kebersihan diri dengan kejadian kecacingan pada murid SD Negeri Asinan 01 Desa Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas 4,5,6. Populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel karena jumlah populasi yang sedikit. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan dianalisa dengan statistik chi-square dengan alpha 0,05. Hasil penelitian memperlihatkan prevalensi penyakit cacing parasit usus pada anak SD Negeri Asinan 01 adalah 16,9 %, jenisnya antara lain Ascaris lumbricoides 10 %, Trichiuris trichiura 20 % dan cacing tambang 30 %. Berdasarkan hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara memotong kuku seminggu sekali dengan kejadian kecacingan nilai p = 0,015, ada hubungan antara pemakaian alas kaki dengan kejadian kecacingan nilai p = 0,022, ada hubungan yang signifikan antara cuci tangan sebelum makan dengan kejadian kecacingan nilai p = 0,009, ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan mencuci kaki dengan kejadian kecacingan nilai p = 0,003, sedangkan tidak ada hubungan yang signifikan antara cuci tangan setelah BAB dengan kejadian kecacingan nilai p = 1,000. Tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis lantai dengan kejadian kecacingan nilai p = 1,000. Tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis halaman dengan kejadian kecacingan nilai p = 0,094. untuk menurunkan angka kejadian kecacingan maka perlu diadakan penyuluhan secara terus-menerus untuk meningkatkan sanitasi lingkungan rumah dan praktek kebersihan diri. Kata Kunci: sanitasi lingkunagn rumah, praktek kebersihan diri, kejadian kecacingan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:31139
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:15 Nov 2011 11:56
Last Modified:15 Nov 2011 11:56

Repository Staff Only: item control page