AMERICANIZATION PROCESS OF GERTRUDE SIMMONS BONNIN AS A NATIVE OF AMERICA IN ESSAYS “IMPRESSIONS OF AN INDIAN CHILDHOOD”, “THE SCHOOL DAYS OF AN INDIAN GIRL” AND “AN INDIAN TEACHER AMONG INDIANS”

PARYANTI, SUSI (2011) AMERICANIZATION PROCESS OF GERTRUDE SIMMONS BONNIN AS A NATIVE OF AMERICA IN ESSAYS “IMPRESSIONS OF AN INDIAN CHILDHOOD”, “THE SCHOOL DAYS OF AN INDIAN GIRL” AND “AN INDIAN TEACHER AMONG INDIANS”. Undergraduate thesis, University of Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) - Published Version
50Kb

Abstract

Diskriminasi ras dapat didefinisikan sebagai bentuk nyata dari anggapan adanya hierarki ras. Essai yang akan dibahas oleh penulis dalam skripsi ini merupakan bentuk diskriminasi ras yang ditujukan kepada ras Indian di Amerika oleh orang kulit putih. Dalam essai tersebut, ras Indian yang merupakan penduduk asli Amerika harus beradaptasi dan mengikuti peraturan orang kulit putih demi mendapat status kewarganegaraan karena Indian dianggap lebih rendah dibandingkan dengan bangsa kulit putih yang justru merupakan pendatang baru di Amerika. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjabarkan akibat adanya diskriminasi ras yang dialami oleh Gertrude Simmons Bonnin, seorang Indian yang menjadi tokoh utama dalam tiga essai; “Impressions of an Indian Childhood”, “The School Days of an Indian Girl” dan “An Indian Teacher among Indian”, yang terkumpul dalam buku “American Indian Stories”. Dengan penjabaran usaha-usaha yang dilakukan tokoh Bonnin ketika ia menemui beberapa konflik sebagai akibat proses asimilasi. Penulis menggunakan penelitian pustaka dalam skripsi ini karena data-data yang digunakan oleh penulis berasal dari sumber berupa buku cetak, baik data utama yaitu buku “American Indian Stories” dan data pendukung lainnya termasuk beberapa informasi dari situs-situs internet untuk mendukung argument penulis. Penulis menggunakan pendekatan Eksponensial untuk menelaah lebih dalam unsur-unsur yang membangun cerita tersebut sebagai karya sastra, dan pendekatan Sosiologi untuk mengkaji essai tersebut ditinjau dari keadaan sosial cerita. Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan, penulis menemukan bahwa dugaan penulis mengenai proses asimilasi yang dilakukan tokoh Bonnin sebagai hasil adanya diskriminasi terhadap ras Indian memang benar-benar terjadi. Proses tersebut dilalui tokoh dengan adanya proses kristenisasi, pendidikan dan juga interaksi sosial.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:31079
Deposited By:mrs sastra inggris
Deposited On:14 Nov 2011 13:45
Last Modified:14 Nov 2011 13:45

Repository Staff Only: item control page