Hubungan Topis dan Volume Neoplasma Intrakranial dengan Lokasi dan Intensitas Nyeri Kepala Relations Between Topis and Volume of Intracranial Neoplasm with Headache Location and Intensity

Prabawani , Atika Tanti (2011) Hubungan Topis dan Volume Neoplasma Intrakranial dengan Lokasi dan Intensitas Nyeri Kepala Relations Between Topis and Volume of Intracranial Neoplasm with Headache Location and Intensity. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul) - Published Version
218Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 1) - Published Version
161Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 2) - Published Version
344Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 3) - Published Version
189Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 4) - Published Version
84Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 5) - Published Version
153Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 6) - Published Version
90Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka) - Published Version
120Kb

Official URL: http://www.mbiomedik.undip.ac.id/

Abstract

Latar Belakang Penelitian : Banyak masyarakat belum mewaspadai nyeri kepala sebagai gejala neoplasma intrakranial, yang bersifat kronis progresif, dapat disertai defisit neurologis lain, serta ditentukan oleh topis dan volume neoplasma intrakranial. Belum terdapat penelitian tentang hubungan topis dan volume neoplasma intrakranial dengan lokasi dan intensitas nyeri kepala. Tujuan Penelitian : mengetahui hubungan topis dan volume neoplasma intrakranial dengan lokasi dan intensitas nyeri kepala. Metode : Belah lintang, empat puluh pasien neoplasma intrakranial di bangsal saraf dan bedah saraf RSUP Dr. Kariadi Semarang berdasarkan Computed Tomography (CT) scan dibagi menjadi neoplasma supratentorial dan infratentorial, dilakukan pengukuran volumenya, anamnesis lokasi dan intensitas nyeri kepala menggunakan Numeric Pain Scale (NPS), pemeriksaan fisik neurologis, dan pengisian kuesioner oleh peneliti. Hasil : Tidak ada hubungan topis dan volume neoplasma intrakranial dengan lokasi dan intensitas nyeri kepala berdasarkan NPS (p>0,05). Tidak ada hubungan topis neoplasma intrakranial dengan lokasi nyeri kepala (p=0,145). Tidak ada hubungan topis neoplasma intrakranial dengan intensitas nyeri kepala berdasarkan NPS (p=0,217). Tidak ada hubungan volume neoplasma intrakranial dengan intensitas nyeri kepala berdasarkan NPS (p=0,089). Nyeri kepala lebih dari tiga bulan (p=0,05), frekuensi nyeri kepala semakin sering dan durasi nyeri kepala lebih dari lima menit lebih banyak terjadi pada neoplasma supratentorial daripada infratentorial (p=0,064). Simpulan : tidak ada hubungan antara topis dan volume neoplasma intrakranial dengan lokasi dan intensitas nyeri kepala berdasarkan NPS. Kata kunci : topis dan volume neoplasma intrakranial, lokasi dan intensitas nyeri kepala, Numeric Pain Scale (NPS).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Biomedical Science
ID Code:30683
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Nov 2011 12:17
Last Modified:04 Nov 2011 12:17

Repository Staff Only: item control page