Hubungan Antara Faktor Lingkungan dan Praktik Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) pada Keluarga dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD)

OKTADIKA, ROSEMERIA (2009) Hubungan Antara Faktor Lingkungan dan Praktik Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) pada Keluarga dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Berdasarkan laporan Puskesmas Srondol pada tahun 2007 tercatat 122 kasus dengan 1 orang meninggal dan pada tahun 2008 tercatat 61 kasus dengan 1 orang meninggal dunia. Salah satu cara menekan angka kejadian DBD setiap keluarga peduli terhadap lingkungan dan melakukan praktik PSN. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara faktor lingkungan dan praktik pemberantasan sarang nyamuk (PSN) pada keluarga dengan kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD). Jenis penelitian merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan case control. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sampel kasus sebanyak 47 orang. Sampel kontrol diambil dari keluarga yang anggotanya tidak ada yang menderita DBD dengan periode sama. Hasil penelitian dari 47 responden 55,32% diantaranya adalah laki-laki dan rata-rata umur responden kasus dan kontrol masing-masing 22,54 dan 22,74. Penelitian ini menggunakan uji statistik chi square dengan taraf signifikan 95% (a= 0,05) menunjukkan ada hubungan antara breeding place di dalam rumah (p value=0,036 OR= 2,7), keberadaan resting place di dalam rumah (p value = 0,004 OR = 3,9), keberadaan resting place di luar rumah (p value= 0,016 OR= 2,9)dan praktik menguras dan menyikat tempat penampungan air (p value=0,020 OR= 2,7)dengan kejadian DBD. Tidak ada hubungan antara keberadaan breeding place di luar rumah (p value = 0,135), praktik menutup tempat penampungan air (p value = 0,198 ) dan praktik mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air (p value = 0,404) dengan kejadian DBD. Kesimpulan penelitian ini adalah faktor lingkungan yang baik dan praktik pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dapat menekan angka kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD). Bagi setiap keluarga agar menutup tempat penampungan air dan melakukan abatisasi Kata Kunci: Faktor Lingkungan, Praktik pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Kejadian Demam Berdarah Dengue

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:30524
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Nov 2011 14:22
Last Modified:01 Nov 2011 14:22

Repository Staff Only: item control page