Analisis aktivasi lapisan tipis (Thin Layer Activation) untuk penyelidikan keausan komponen Automotif

Hendiko , Eko Budi (1999) Analisis aktivasi lapisan tipis (Thin Layer Activation) untuk penyelidikan keausan komponen Automotif. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2201Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]
Preview
PDF
350Kb
[img]
Preview
PDF
425Kb
[img]
Preview
PDF
432Kb
[img]
Preview
PDF
766Kb
[img]
Preview
PDF
602Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

596Kb
[img]
Preview
PDF
346Kb
[img]
Preview
PDF
362Kb
[img]
Preview
PDF
682Kb

Abstract

Telah dilakukan pengamatan tingkat keausan komponen automotif berupa ring piston sepeda motor dengan teknik analisa aktivasi lapisan tipis. Ring piston diaktivasi dengan berkas proton berenergi 12,5 MeV pada siklotron dengan arus 11.LA selama 30 menit. Selanjutnya Ring piston dipasang pada mesin motor dan dioperasikan pada jangka waktu tertentu. Untuk analisa keausanya digunakan metoda konsentrasi, yaitu dengan cara ..mengukur •tingkat aktivitas dad basil keausan pada minyak pelumas digunakan spektrometri gamma. Untuk menentukan ketebalan keausannya digunakan kurva kalibrasi dari Program Kalibrasi Monitoring Aus, Korosi dan Erosi Dengan TLA yang disusun oleh Utaja untuk foil besi (Fe) yang diaktivasi dengan berkas proton berenergi 12,5 MeV. Besarnya tingkat keausan yang terukur setelab motor dioperasikan selama 50 jam adalah 45,0 gm sebelum koreksi waktu paro dan 57,0 1.un seteiah koreksi waktu paro, yang sebanding dengan cacah aktivitas minyak pelumas sebesar 9,04 x 10'1 µCi sebelum koreksi waktu paro dan 1,12 x 10-3 µCi setelah koreksi waktu paro. The measurement of surface losses of the automotive component i.e. motorcycle piston ring, was carried out. The piston ring is activated by proton beam from cyclotron with energy 12.5 MeV and beam current lout for 30 minutes. The piston ring was installed to the machine and then operated for several times. The surface loss of the piston ring due to wear is determined by using the concentration inethod, i.e. by measuring the activity of Wear products in the lubricant oil with gamma spectrometry and the depth layer surface losses is determined by using The Calibration Soliware.fin. monitoring iii4.cu; Corrosion and Degradation with ILA by Uttria /Or iron (Fe) frlil was activated by energy proton 12.5 MeV The surface losses level of piston ring to he 50 hours operated was he 45.0 pin • before half-life time correction and 57.0 pm after half-life time correction, its corresponding with count rate lubricant oil activity is 9.04 x 10-4 _; pCi before half--life time correction and 1.12 x 10' pCi ajler half-life lime correction.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QC Physics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Physics
ID Code:30461
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:31 Oct 2011 10:13
Last Modified:31 Oct 2011 10:13

Repository Staff Only: item control page