Studi perbandigan metode gel permeation chromatography ( GPC ) dan Low Angle Light Scattering ( LALIS ) untuk menentuka berat molekul bahan Polimer.

Bilalodin , Bilalodin (1994) Studi perbandigan metode gel permeation chromatography ( GPC ) dan Low Angle Light Scattering ( LALIS ) untuk menentuka berat molekul bahan Polimer. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2518Kb
[img]
Preview
PDF
19Kb
[img]
Preview
PDF
332Kb
[img]
Preview
PDF
479Kb
[img]
Preview
PDF
404Kb
[img]
Preview
PDF
743Kb
[img]
Preview
PDF
408Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

623Kb
[img]
Preview
PDF
348Kb
[img]
Preview
PDF
338Kb
[img]
Preview
PDF
1194Kb

Abstract

Telah dilakukan studi perbandingan mengenai metoda Gel Permeation Chromatography (GPC) dan Low Angle Laser Light Scattering (LALLS). Metoda GPC yang didasarkan konsep penentuan berat molekul berdasarkan ukuran efektif, ditemukan adanya pengaruh dalam menentukan berat. molekul sehingga perlu optimasi. dalam hal flow rate,. konsentrasi dan temperatur. Disamping itu penentuan berat molekul masih.dipengaruhi oleh kemampuan Data Module yang digunakan. Sedangkan metoda LALLS merupakan metoda absolut dan mempunyai ketelitian yang cukup tinggi. Hal ini bisa dimengerti karena teknik yang digunakan hanya membandingkan hamburan dari larutan polimer dan pelarut murni, sehingga hamburan yang terjadi hanya disebabkan oleh partikel-partikel polimer. Dari hasil penelitian yang dilakukan metoda GPC mampu menentukan berat molekul rata—rata berat dengan toleransi maksimum 507. dan 37 berat molekul puncak (Mp). Sedangkan metoda LALLS mampu menentukan berat molekul rata rata berat dengan toleransi 47.. Dengan membandingkan basil kedua metoda tersebut dimungkinkan metoda LALLS dapat dipakai sebagai pembanding dari metoda GPC yang bersifat relafif. IT

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QC Physics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Physics
ID Code:30221
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:24 Oct 2011 11:33
Last Modified:24 Oct 2011 11:33

Repository Staff Only: item control page