Preferensi dan Insidensi Zooektoparasit pada Berbagai Ukursan Benih Ikan Koi (Cyprinus carpio Linnacus di Peternakan Ikan Hias "S&S" Yogyakarta

Analia , Ika (2001) Preferensi dan Insidensi Zooektoparasit pada Berbagai Ukursan Benih Ikan Koi (Cyprinus carpio Linnacus di Peternakan Ikan Hias "S&S" Yogyakarta. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1825Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
344Kb
[img]
Preview
PDF
462Kb
[img]
Preview
PDF
381Kb
[img]
Preview
PDF
791Kb
[img]
Preview
PDF
328Kb
[img]
Preview
PDF
382Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

403Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

543Kb
[img]
Preview
PDF
328Kb
[img]
Preview
PDF
534Kb

Abstract

IKA ANALIA. J2B096082. Preferensi dan Insidensi Zooektoparasit pada Berbagai Ukuran Benih Ikan Koi (Cyprinus carpio Linnaeus) di Peternakan Ikan Hias S & S Yogyakarta. (Di bawah bimbingan H. Hendarko Sugondo dan Jafron Wasiq Hidayat) Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang pada saat ini menjadi salah satu komoditas perdagangan yang baik dalam bidang perikanan. Usaha budidaya ikan ini dalam skala besar dalat digunakan sebagai mata pencaharian yang menguntungkan. Penyakit dan parasit merupakan kendala yang sering muncul dalam pemeliharaan ikan koi, salah satu contohnya yang disebabkan adanya zooektoparasit. Kerugian yang ditimbulkan akibat adanya zooektoparasit tergantung pada prosentase ikan yang terserang penyakit, umur ikan yang sakit dan adanya infeksi sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dan insidensi zooektoparasit padaa berbagai ukuran benih ikan koi. Adapun waktu dan tempat pelaksanaan penelitian yaitu di Peternakan Ikan Hias "S&S" Yogyakarta dan Laboratorium Ekologi dan Biosistematika F MIPA UNDIP pada bulan Desember 2000-Februari 2001. Bahan yang digunakan adalah benih ikan koi berbagai ukuran. Penelitian dilakukan dengan sisitem sampling pada badan ikan dengan luasan lx1 cm2 dan ulangan 10 kali. Data dianalisis menggunakan Anova dilanjutkan dengan Uji Beda Jarak Nyata Duncan. Analisis amonia dan pH dilakukan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Yogyakarta. Parameter yang diamati yaitu jumlah dan jenis zooektoparasit serta kualitas perairan (suhu, turbiditas, pH, oksigen terlarut, amonia dan BOD) Hasil penelitian menunjukkan bahwa zooektoparasit lebih menyukai ikan koi berukuran 9-12 cm dan 13-15 cm, serta menyukai sisik dan sirip ikan sebagai tempat hidupnya. Tingkat insidensi zooektoparasit semakin besar dengan meningkatnya ukuran ikan koi. Jenis zooektoparasit yang ditemukan antara lain: Argulus sp, Ichtyophthirius fnultijliis dan Lernaea sp.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30201
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 Oct 2011 07:24
Last Modified:24 Oct 2011 07:24

Repository Staff Only: item control page