Pengaruh Penambahan Limbah Padat Kunyit (Curcuma demestica) Pada Ransum Terhadap Struktur Histologis Hepar Ayam (Gallus sp)

Erniasih , Indah (2001) Pengaruh Penambahan Limbah Padat Kunyit (Curcuma demestica) Pada Ransum Terhadap Struktur Histologis Hepar Ayam (Gallus sp). Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1558Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
337Kb
[img]
Preview
PDF
434Kb
[img]
Preview
PDF
372Kb
[img]
Preview
PDF
503Kb
[img]
Preview
PDF
324Kb
[img]
Preview
PDF
361Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

411Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

435Kb
[img]
Preview
PDF
320Kb
[img]
Preview
PDF
373Kb
[img]
Preview
PDF
669Kb

Abstract

Indah 12B 097 088. Pengaruh Penambahan Limbah Padat Kunyit Curcuma domestica ) Pads Ransum Terhadap Struktur Histologis Hepar Ayarn ( Gallus ,sp). (Dibawah Bimbingan Koen Praseno dan Tyas Rini Saraswati). Kunyit merupakan salah sate bahan baku dari industri obat tradisional. Penggunaan kunyit akan menghasilkan limbah padat kunyit yang dapat digunakan sebagai eampuran pakan karena limbah padat kunyit masih mengandung zat-zat makanan yaitu protein, lemak, karbohidrat, clan air. Limbah padat kunyitjuga mengandung kurkumin yang berfimgsi untuk merangsang dinding empedu untuk mensekresi empedu dan minyak atsiri yang berfungsi mengatur keasaman !ambling sehingga dapat membanntu kerja uses halus. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa limbah padat kunyit ( Curcwna dornestica ) tidak bersifat toksik pada hepar ayam sehingga dapat dimanfaatkan sebagai campuran pakan dalarn ransum ayam. Penelitian ini menggunakan hewan uji berupa 22 ekor ayam. Kadar kunyit yang digunakan adalah 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%. Analisis yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal dengan ulangan tidak sama dan apabila terdapat perbedaan yang nyata antar perlakuan digunakan uji BNT ( Beda Nyata Terkecil ) pada tara.f Uji 5%. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa penambahan limbah padat kunyit sampai kadar 20% menunjukan nilai yang tidak signifikan pada bobot hepar dan diameter hepatosit.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30196
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Oct 2011 12:29
Last Modified:23 Oct 2011 12:29

Repository Staff Only: item control page