Hubungan keanekaragaman dan Total Biomassa Cacing Annelida dan Tekstur Substrat di Kawasan Estuari Mangrove RPH Tritih Cilacap

Lukitasari , Ambar (2001) Hubungan keanekaragaman dan Total Biomassa Cacing Annelida dan Tekstur Substrat di Kawasan Estuari Mangrove RPH Tritih Cilacap. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2706Kb
[img]
Preview
PDF
19Kb
[img]
Preview
PDF
360Kb
[img]
Preview
PDF
553Kb
[img]
Preview
PDF
415Kb
[img]
Preview
PDF
799Kb
[img]
Preview
PDF
319Kb
[img]
Preview
PDF
536Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

699Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

648Kb
[img]
Preview
PDF
329Kb
[img]
Preview
PDF
407Kb
[img]
Preview
PDF
618Kb

Abstract

AMBAR LUKITASARI. J2B 097 068. Hubungan Keanekaragaman dan Total Biomassa Cacing Annelida Terhadap Kandungan Organik dan Tekstur Substrat di Kawasan. Estuari Mangrove RPH Tritih, Cilacap. Dibawah bimbingan Nanik Heru.S. dan Jafron Cacing Annelida merupakan salah satu hewan rnakrobenthos yang sangat penting artinya dalam sildus rantai makanan yang berlangsung pada habitat aquatik. Kawasan mangrove RPH Tritih, Cilacap merupakan daerah pasang surut dan habitat beberapa jenis cacing Annelids. Dasar perairannya yang berupa lumpur bercampur pasir memudahkan cacing tersebut untuk hidup menggali substrat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi keanekaragaman dan total biomassa cacing Annelida(g/m2) terhadap kandungan organik dan tekstur substrat serta faktor-faktor fisik-kimia lingkungan sebagai data pen dulomg di kawasan estuari mangrove RPH Tritih, Cilacap. Penelitian dilaksanakan di kawasan estuari mangrove RPH Tritih, Cilacap pada bulan April-Joni 2001 dan dilaboratoritun Ekologi dan Biosistetnatika, Jurusan Biologi, F.MIPA, UNDIP. Parameter yang diamati adalah jumlah individu, jumlah jenis, total biomassa cacing, kandungan organik substrat dan komposisi butiran substrat. Disampirtg itu juga diukur faktor-faktor fisik-kintia lingkungan yang mencakup temperatur, kekeruhan, kecepatan ants, pH, DO, BOD dan salinitas. Analisis data menggunakan indeks keanekaragaman jenis Shanon¬Wiener (H') dan analisis regresi korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indek keanekaragaman cacing Annelida yang tertinggi pada bulan April terdapat pada stasiun II sebesar 1,665, sedangkan pada. bulan Mei indek keanekaragaman tertinggi terdapat pada stasiun yaitu sebesar 1,539 dan pada bulan Anti terdapat pada stasiun 1I1 sebesar 1,115. Total biomassa casing (g/m2) pada bulan April-Mei tertinggi terdapat pada stasiun V sebesar (70,53 dan 109,80) g/m2. Tetapi pada bulan Juni total biomassa tertinggi terdapat pada stasiun II sebesar 77,33 g/m2. Perubahan keanekaragaman dan total biomassa tertinggi setiap bulannya disebabkan adanya perubahan yang bertluktuatif pada kandungan organik dan tekstur substratnya dan pada faktor fisika-kimia lingkungannya. Indek keanekargaman dan total biomassa cacing Annelida mempunyai hubungan yang sedang dengan kandungan organik dan tekstur substrat sedangkan indek keanekaragaman dan total biomassa mempunyai hubungan yang sedang pula dengan faktor fisika kimia lingkungan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30195
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Oct 2011 12:24
Last Modified:23 Oct 2011 12:24

Repository Staff Only: item control page