Penghambatan pertumbuhan Saumonella, Tyhimurium dan staphyloccus Aurens pada susu sapi yang di fermentasi oleh Lactobacillus Casei dan Lactobacillus Bulgaricus

Wahyudi , Didik (1998) Penghambatan pertumbuhan Saumonella, Tyhimurium dan staphyloccus Aurens pada susu sapi yang di fermentasi oleh Lactobacillus Casei dan Lactobacillus Bulgaricus. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1733Kb
[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
343Kb
[img]
Preview
PDF
439Kb
[img]
Preview
PDF
383Kb
[img]
Preview
PDF
596Kb
[img]
Preview
PDF
314Kb
[img]
Preview
PDF
528Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

418Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

476Kb
[img]
Preview
HTML
328Kb
[img]
Preview
PDF
328Kb
[img]
Preview
PDF
397Kb
[img]
Preview
PDF
488Kb

Abstract

WAHYUDI, J 201 93 0897, Pentabambatan Pertumbuhan Salmonella typhimurium dan Staphylococcus aureus pada. Susu Sapi yang Difermentasi_oleh Lactobacillus casei daft Lactobacillus bulgaricza (Dibawab. Bimbingan SRIANI HENDARKO dan ISWORO RUKMI). Susu fermentasi merupakan basil fermentasi susu oleh bakteri main laktat, yang mengandung komponen non lemak yang sama atau lebih besar dibandingkan dengan susu segar. Beberapa jenis susu fe.rtneritasi telah diketahui dapat menekan atau inenurunkan jumlah populasi bakteri-bakteri gastroenteritis, sehingga dapat mengtrangi gangguan¬gangguan pa.da.saluran penceiman yang disebabkan oleh kehadiran bakteri-bakteri tersebut. '.rujuait penelitian ini adalab mita inengetabui besarnya days. harnbat susu sapi yang difermentasi oleh Lactobacillus case, dan Lactobacillus buigaricus te•haclap perturnbuhan Salmonella ophimurium data S`tapitylococcus aurou.s-. Penelitian dilaksanakan di laboratorium Milt-obiogenetika„ Jurusan Biologi, Fakultas MIPA Universitas Diponegoro Semarang pada. bulan Januari sampai Mei 1998. Penelitian oksperimental laboratoris. Sobagai perlakuan dignnakan agen fermentasi L. •ase/ data L. bulgaricu,s,, Inkubasi dilakukan selama. 4 x 24 jam pada. suhu 370C, sebagai kontrol digunakan susu sapi segar. Pada. awal data akhir fernientasi diukur pH, total asam, clan total protein. Sejumlali 105 selfinl bakteri patogen, yaitu a tvphimumon dan aureus musing-masiny, diiatokttlxsikaca ke susu basil fermentasi, kemudian diinkubasi selarna 24 jam pada sithtt 370 C, detiaan ulangan tiga. kali. Total koloui kedna. bakteri patogen tersebut dihitunp, pada awal dan inkubasi. Data dianalisis dengan Anal isis Si dik Ragam dan utkan clengan. Liji Beda Nyata Jujur pada taraf uji 5%.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa susu sapi yang difermentaf.4i dengan L casei maupun L. bl,elearicus man ip u menghambat pertumbulian 1:yphi murium dan aureus.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30148
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:21 Oct 2011 08:50
Last Modified:21 Oct 2011 08:50

Repository Staff Only: item control page