Uji fraksi ekstrak daun lamtoro (Leucaena Clauca Bth) sebagai anti Bakteri terhadap pertumbuhan streptococcus pyogenes dan pseudomonas Aerugionosa

Supraptiningsih , Supraptiningsih (1998) Uji fraksi ekstrak daun lamtoro (Leucaena Clauca Bth) sebagai anti Bakteri terhadap pertumbuhan streptococcus pyogenes dan pseudomonas Aerugionosa. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1491Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]
Preview
PDF
340Kb
[img]
Preview
PDF
464Kb
[img]
Preview
PDF
374Kb
[img]
Preview
PDF
547Kb
[img]
Preview
PDF
318Kb
[img]
Preview
PDF
432Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

434Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

400Kb
[img]
Preview
PDF
321Kb
[img]
Preview
PDF
366Kb
[img]
Preview
PDF
475Kb

Abstract

SURRAPTININGS11-1. J201930918. Ltji Fraksi Ekstrak Davin Lamtoro (Lencoeno glum.° Bat) Sebagai Antibakteri Terhadap Pertumbuhan Streptococcus pro genes dan Psendonionas. acrughlost, (di bawah bimbinuan SRIANI H ENDA R KO, (MORO RUKMI, dan MEINY SUZERY). Masyarakat desa sebagai masvarakat yang sederhana didalam upava penuobatan pnyakit-penyakit tertentu banyak menggunakan tanaman yanu Aida di sekitarnya . Sahli) satu tiara pengobatan tradisional yanu berkembanu di desa adalah peiv2guraan dam-, lamtoro sebagai obat luka. Daun lamtoro mengandung metabolit sekunder, yaitu alkaloid dan flavonoid. Menuinuat adanya kandungan metabolit sekunder tersebut, maka perlu diketa.hu.i Si fat antibakterinya, culla pemanfaatan lebih lanjut Penelitian ini bertujuan untuk meneuji aktifitas antibakteri dari dua fraksi ekstrak daun lamtoro terhadap pertumbuhan Streptococcus ',rage/7es clan Pseudemionas. aeruginosa secara in vitro, dan untuk menentukan fraksi ekstrak daun lamtoro yang paling besar pengaruhnya dalam menuhambat pertumbuhan Streptococcus pyogenes dan P.svudomona.s. uerug no•a Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RA) faktorial dengan dua faktor perlakuan, (2 x 4) dengan ulangan 3x, pada dua bakteri uji, yaitu Streptococcus lava genes dan Pseudomona• aeruginosa. Dua macam fraksi etanol dan kloroform dengan variasi konsentrasi 25%, 50%, 75%, dan 100%. Data dianalisis denean analisis non pammetrik Wilcoxon pada taraf uji 5%. Parameter yang diamati adalah diameter daerah hambatan. Dad hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi kloroform dari ekstrak daun lanitoro tidak niemberikan hambatan terhadap pertumbuhan bakteri Streptococcus progene.v dan Pseudomonas aeruginosa. Fraksi etanol dari ekstrak daun lamtoro dapat rnenghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus pyogenes dan Pseudomonus aeruginosa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30144
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:21 Oct 2011 08:12
Last Modified:21 Oct 2011 08:12

Repository Staff Only: item control page