Struktur komunitas dan distribusi Makroalgae pada rataan terumbu karang pantai Tanjung Gelang Taman Nasional Laut Karimunjawa

Candra , Syafrudin Adhi (1998) Struktur komunitas dan distribusi Makroalgae pada rataan terumbu karang pantai Tanjung Gelang Taman Nasional Laut Karimunjawa. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1559Kb
[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
343Kb
[img]
Preview
PDF
433Kb
[img]
Preview
PDF
408Kb
[img]
Preview
PDF
577Kb
[img]
Preview
PDF
412Kb
[img]
Preview
PDF
443Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

497Kb
[img]
Preview
PDF
327Kb
[img]
Preview
PDF
379Kb
[img]
Preview
PDF
414Kb

Abstract

SYAFRUDIN ADHI CANDRA. J 201 92 0763. Struktur Komunitas dan Distribusi Makroalgae pada Rataan Terumbu Karang Pantai Tanjung Gelam Taman Nasional Laut Karimunjawa (dibawah bimbingan HENDARKO SUGONDO dan TRI RETNANINGSIH SOEPROBOWATI) Dengan dibukanya Pulau Karimunjawa sebagai Taman Nasional Laut, akan meningkatkan kegiatan manusia yang akan dapat mempengaruhi kondisi fisik terumbu karang pada perairan pantainya. Sebagai contoh, terjadinya proses sedimentasi yang dapat mempengaruhi jenis substrat perairan. Adanya proses tersebut akan berpengaruh terhadap komunitas makroalgae sebagai salah satu penyusun terumbu karang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas dan distribusi makroalgae pada rataan terumbu karang Pantai Tanjung Gelam Taman Nasional Laut Karimurtj awa. Metode yang digunakan adalah transek kuadrat berukuran lxlm dengan 3x ulangan pada tiap- tiap jenis substrat dasar perairannya. Untuk kajian struktur komunitas maka dilakukan penghitungan Indeks Kemelimpahan, Indeks Keanekaragaman, Indeks Pemerataan, Indeks Kesamaan dan untuk distribusi digunakan analisis Cluster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di perairan Pantai Tanjung Gelam Taman Nasional Laut Karimunjawa ditemukan 9 jenis makroalgae yaitu Halimeda, Ralfsia, Caulerpa, Fucus, Sargassum, Padina, Gelidiwn, Dielyota, dan Leathesia. Populasi makroalgae yang paling melimpah adalah jenis Halimeda dan Ralfsia. Indeks Keanekaragaman berkisar antara 1.358-2.088 dengan Indeks Pemerataan berkisar antara 0.322-0.43. Dari analisis Cluster didapatkan 4 kelompok habitat, yaitu kelompok I habitat substrat pasir, kelompok II habitat gabungan substrat berpasir dan karang mati, kelompok III habitat gabungan substrat karang mati dan karang hidup, kelompok IV habitat substrat karang hidup.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30126
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:20 Oct 2011 12:41
Last Modified:20 Oct 2011 12:41

Repository Staff Only: item control page