Isolasi dan identifikasi bakteri Selulolitik serta kemampuannya dalam memproduksi Enzim selulase dengan waktu Inkubasi yang berbeda dari Hutan Mangrove Tegakan Rhozophoza sp di desa Kemujan Karimunjawa

martien , Ronny (2000) Isolasi dan identifikasi bakteri Selulolitik serta kemampuannya dalam memproduksi Enzim selulase dengan waktu Inkubasi yang berbeda dari Hutan Mangrove Tegakan Rhozophoza sp di desa Kemujan Karimunjawa. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2656Kb
[img]
Preview
PDF
19Kb
[img]
Preview
PDF
357Kb
[img]
Preview
PDF
486Kb
[img]
Preview
PDF
417Kb
[img]
Preview
PDF
568Kb
[img]
Preview
PDF
317Kb
[img]
Preview
PDF
581Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

602Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

852Kb
[img]
Preview
PDF
340Kb
[img]
Preview
PDF
457Kb
[img]
Preview
PDF
654Kb

Abstract

Ronny Martien J 201 95 1270. Isolasi dan Identifikasi Bakteri Selulolitik Sena Kemampuannya dalam Memproduksi Selulase dengan Waktu Inkubasi yang Berbeda dari Hutan Mangrove tegakan Rhizophora sp Di Desa Kemujan, Karimunjawa (Dibawah bimbingan Sriani Ilendarko dan Widjanarko). Hutan mangrove di Kemujan, Karimunjawa merupakan salah satu hutan mangrove yang masih ash dan letaknya yang terisolasi bebas dari polusi. Keadaan ini memungkin' kan ditemukan adanya bakteri selulase yang spesifik Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh isolat bakteri pendegradasi selulosa dari substrat hutan mangrove tegakan Rhizophora sp di Desa Kemujan, Karimunjawa dan untuk mengetahui kemampuan bakteri tersebut dalam menghasilkan enzim selulase. Pengambilan sampel substrat hutan mangrove dilakukan di Desa Kemujan, Karimunjawa dan pengamatan dilakukan di Laboratorium Mikro-Bio-Genetika Jurusan Biologi Fakultas MIPA. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 1999 sampai Agustus 2000. Penelitian terdiri dari 2 tahap yaitu isolasi dan identifikasi bakteri menurut Cowan & Steel's dan Uji Produksi Enzim menurut Darwis. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola Faktorial, 2 faktor yaitu waktu inkubasi (6 perlakuan) dan jenis isolat bakteri (2 perlakuan), dengan ulangan sebanyak 4 kali. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan Analisa Sidik Ragam dengan taraf uji 1 % dan analisiS lanjutan dengar. uji Beda Nyata Terkecil dengan a = 0,01. Parameter yang diamati adalah jenis isolat bakteri selulolitik yang ditemukan, produksi enzim selulase yang dihitung berdasarkan aktivitasnya, pertambahan biomassa bakteri dan kandungan protein yang terkandung dalam enzim selulase. Hasil penelitian ini adalah ditemukan 4 isolat bakteri, yaitu Bacillus spl , Bacillus sp2, Staphylococcus sp dan Pseudornonas S p Selain itu juga diketahui bahwa waktu inkubasi mempengaruhi aktivitas enzim selulase sedangkan jenis isolat bakteri tidak mempengaruhi aktivitas enzim selulase. Ada interaksi antara perlakuan waktu inkubasi dengan jenis isolat bakteri. Aktivitas enzim selulase tertinggi dihasilkan pada waktu inkubasi T3 (36 jam) yaitu 6,29 unit/ml filtrat/menit pada isolat bakteri Bacillus spl .

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30087
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:19 Oct 2011 14:56
Last Modified:19 Oct 2011 14:56

Repository Staff Only: item control page