Pengaruh ekstrak Etanol daun Mindi (Meliaazedarach L.) terhadap mortalitas, pertumbuhan dan perkembangan Populasi Larva aedes aegypti L

Sulistyawati , Endang (2000) Pengaruh ekstrak Etanol daun Mindi (Meliaazedarach L.) terhadap mortalitas, pertumbuhan dan perkembangan Populasi Larva aedes aegypti L. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1715Kb
[img]
Preview
PDF
22Kb
[img]
Preview
PDF
348Kb
[img]
Preview
PDF
453Kb
[img]
Preview
PDF
414Kb
[img]
Preview
PDF
524Kb
[img]
Preview
PDF
316Kb
[img]
Preview
PDF
433Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

464Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

443Kb
[img]
Preview
PDF
333Kb
[img]
Preview
PDF
373Kb
[img]
Preview
PDF
585Kb

Abstract

ENDANG SULISTYAWATI J 201 95 1249. Pengaruli Ekstrak Etanol Daun Mindi (Melia azedarach L) Terhadap Mortalitas, Pertumbuhan dan Perkembangan Larva Aedes aegypti L Dibawah himbingan Hendarko Sugondo dan Mochamad Hacli ). Demam berdarah telah dikenal di Indonesia sebagai penyakit yang dibawa olch vcktor nyamuk Aedes aegypti dan sasarannya tidak hanya mcnycrang anak-anak tetapi juga dapat menyerang orang dewasa. Banyak usaha yang telah dilakukan untuk menekan populasi nyamuk Aedes aegypti diantaranya dengan penyemprotan insektisida, abatisasi, PSN, dan pengendalian hayati. Penggunaan insektisida yang berlebihan akan menyebabkan pencemaran, dan akan mengganggu keseimbangan ekosistem, karena itu perlu dicari alternatif lain. Mindi merupakan salah satu tumbuhan yang bisa digunakan sebagai insektisida karena tanaman mindi mengandung senyawa aktif berupa senyawa terpenoid ,tanin, saponin dan alkaloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh ekstrak etanol daun mindi terhadap mortalitas serta pertumbuhan dan perkembangan larva A.aegypti daft mengetahui konsentrasi yang efektif dalant penurunan pertumbuhan dan perkembangan larva A. aegypti. Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan pengulangan 3 kali. Sedangkan data mortalitas dan jumlah larva yang berhasil menjadi pupa normal dianalisis dengan Analisis of Varian (Anova), dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan pada taraf uji 5%. Sedangkan data distribusi larva yang hidup dan mati pada tiap-tiap instar diolah dengan menggunakan rumus GI (Growth Index) dan RGI (Relative Growth Index), sehingga diperoleh nilai Indeks Pertumbuhan dan nilai Indeks Pertumbuhan Relatif larva uji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun mindi (M. azedarach) meningkatkan mortalitas larva A. aegypti, selain itu ekstrak etanol daun mindi juga menurunkan pertumbuhan dan perkembangan larva A. aegypti. Konsentrasi yang efektif mempengaruhi mortalitas larva A.aegypti instar III adalah 1,1 % (b/v) dan yang efektif mempenganthi mortalitas larva instar I adalah 0,07% (b/v) berdasarkan nilai LC,50 — 48 jam. Konsentrasi ekstrak etanol daun mindi yang efektif mempengaruhi penurunan pertumbuhan dan perkembangan larva A. aegypti adalah 0,05 %(b/v).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
ID Code:30078
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:19 Oct 2011 12:58
Last Modified:19 Oct 2011 12:58

Repository Staff Only: item control page