Pengaruh dosis pemupukan urea (Co(NH2)2) dan posisi daun terhadap kandungan Klorofil dan kadar protein daun Selada (Lactuca sativa L. Var Grand rapida)

Winarni , Agnes Sri (2000) Pengaruh dosis pemupukan urea (Co(NH2)2) dan posisi daun terhadap kandungan Klorofil dan kadar protein daun Selada (Lactuca sativa L. Var Grand rapida). Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1558Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
342Kb
[img]
Preview
PDF
446Kb
[img]
Preview
PDF
396Kb
[img]
Preview
PDF
500Kb
[img]
Preview
PDF
316Kb
[img]
Preview
PDF
388Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

431Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

437Kb
[img]
Preview
PDF
325Kb
[img]
Preview
PDF
365Kb
[img]
Preview
PDF
591Kb

Abstract

AGNES SRI WINARNI. J 201 93 0893. Pengaruh Dosis Pemupukan Urea (CO(NH2)2) dan Posisi Daun Terhadap Kandungan Klorofil dan Kadar Protein Daun Selada (Lactuca sativa L var. Grand rapids). (Dibimbing oleh Koen Praseno dan Sarjana Parman). Klorofil dan protein merupakan senyawa yang mengandung nitrogen. Nitrogen berperan dalam pertumbuhan vegetatif tanaman, juga untuk siritesis klorofil dan protein. Urea mempunyai kandungan N sebanyak 46 %. Pemberian urea dapat meningkatkan kandungan klorofil dan protein daun selada. Kandungan klorofil dan protein dalam daun mengalami perubahan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan daun. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk urea terhadap kandungan klorofil dan protein, untuk mengetahui pengaruh posisi daun terhadap kandungan klorofil dan kadar protein dan mengetahui interaksi antara pupuk urea dan posisi daun terhadap kandungan klorofil dan kadar protein daun selada. Penelitian ini dilakukan di desa Keprabon, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar dan Laboratorium Biokimia Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Penelitian mengggunakan Rancangan Petak Terbagi yang diuji lanjut dengan uji Duncan 5 %. Faktor tersebut adalah dosis pupuk urea yaitu 0 g per tanaman; 1 g per tanaman; 1,5 g per tanaman; 2 g per tanaman; 2,5 g per tanaman dan posisi daun yaitu daun atas, tengah dan bawah. Parameter yang diainati yaitu kandungan klorofil-b dan kadar protein. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa perlakuan pupuk urea 1 g per tanaman sampai dosis 2,5 g per tanaman meningkatkan kandungan klorofil dan protein daun selada; posisi daun yang berbeda mempunyai kandungan klorofil dan protein yang berbeda. Antara faktor dosis pupuk urea dan posisi daun pengaruhnya bersifat independen.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30065
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:19 Oct 2011 12:02
Last Modified:19 Oct 2011 12:02

Repository Staff Only: item control page