ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PENJUALAN ( Di Sentra UKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara)

ANNISA AMIRINA, NUR (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PENJUALAN ( Di Sentra UKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Pengembangan UKM adalah salah satu terobosan inovasi yang mampu menopang laju pertumbuhan dan krisis ekonomi. Industri Kain Tenun Ikat Troso Jepara merupakan salah satu industri unggulan selain mebel Jepara yang barang produksinya telah di ekspor ke berbagai Negara di kawasan Asia, Eropa dan Singapura. Pada awal tahun 2010, penurunan yang terjadi pada kinerja penjualan produk Kain Tenun Ikat Troso Jepara menjadi signifikan terkait dengan resesi ekonomi dan krisis global yang melanda sebagian besar Negara di Dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk untuk meningkatkan kinerja penjualan. Untuk dapat menciptakan inovasi produk yang unggul dan dapat bersaing dengan pesaing yang lain, UKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara dapat melihat pengaruh preferensi pasar, kemauan belajar, dan orientasi teknologi untuk meningkatkan kinerja penjualan. Masalah penelitian diajukan untuk mengetahui proses peningkatan kinerja penjualan berdasarkan pada inovasi produk yang dibuat . Atas dasar tersebut, sebuah model teoritis dan 4 hipotesis yang dicapai akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Sampel dari penelitian ini adalah 100 industri kecil yang tergabung dalam Sentra UKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa kinerja penjualan dapat ditingkatkan melalui inovasi produk. Terbukti bahwa variabel-variabel tersebut berpengaruh positif terhadap inovasi produk. Faktor yang mempengaruhi iovasi produk adalah preferensi pasar, kemauan belajar, dan orientasi teknologi. Dimana di samping bentuk analisis juga akan diberikan rekomendasi atau usulan kepada UKM untuk meningkatkan kinerja penjualan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci: UKM, Preferensi Pasar, Kemauan Belajar Orientasi Teknologi, Inovasi Produk, Kinerja Penjualan.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
ID Code:30059
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Oct 2011 11:31
Last Modified:19 Oct 2011 11:31

Repository Staff Only: item control page