Pengaruh pemberian beberapa jenis pupuk Bokashi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman caisim (Brassica chinensis L.)

Triasih , Theresia Pietmarindra (2000) Pengaruh pemberian beberapa jenis pupuk Bokashi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman caisim (Brassica chinensis L.). Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1991Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
363Kb
[img]
Preview
PDF
464Kb
[img]
Preview
PDF
410Kb
[img]
Preview
PDF
639Kb
[img]
Preview
PDF
317Kb
[img]
Preview
PDF
433Kb
[img]
Preview
PDF
517Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

550Kb
[img]
Preview
PDF
326Kb
[img]
Preview
PDF
392Kb
[img]
Preview
PDF
561Kb

Abstract

THERESIA PIETMARINDRA TRIAS1H. J 201951276. Pengaruh Pemberian Beberapa Jenis Pupuk Bokashi Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Caisim ( Brassica chinensis L. ). ( Di bawah bimbingan Hirawati Muliani don Endah Dwi Hastuti ). Bokashi adalah pupuk organ& yang dibuat dengan memfermentasikan bahan-bahan organik dengan Effective Microorganism-4 (EM4). EM4 merupakan kultur campuran berbagai mikroorganisme bermanfaat (Lactobacillus spp, bakteri fotosintesis, Actinomycetes, ragi dan jamur ferrnentasi ) yang digunakan sebagai inokulan untuk meningkatkan keragaman milcoorganisme tanah dan mempercepat fermentasi bahan-bahan organik. Bahan-bahan organik mempunyai rasio C/N tersendiri sebagai salah satu faktor kecepatan dekomposisinya, sehingga menyebabkan perbedaan kecepatan penyediaan unsur-unsur Kara yang dibutunkan tanaman. Pemakaian pupuk bokashi diharapkan dapat meinperbaiki kondisi fisik, kimia dan biologi tanah jugs meningkatkan kandungan unsur Kara tanah, sehingga akan memacu pertutnbuhan dan produksi tanaman caisim sebagai tanaman sayuran yang mempunyai kandungan gizi yang balk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa jenis pupuk bokashi, apakah ada perbedaan pengaruh antara perlakuan yang berbeda dan jenis pupuk bokashi yang memptmyai pengaruh terbalk terhadap pertumbuhau dan produksi tanaman caisim. Ada 4 jenis pupuk bokashi yang digunakan, yaitu bokashi jerami, bokashi legum, bokashi pupuk kandang dan bokashi pupuk kandang-arang. Penelitian ini merupakan penelitian faktor tunggal dengan 5 ulangan. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, berat basah tanaman, berat kering tanaman, 1uas dates, berat basah produk dan berat kering produk. Parameter pendukungnya adalah rasio C/N bahan organik setelah fermentasi dan akhir penelitian, pH tanah, suhu dan kelembaban lingkungan. Analisis data dengan menggunakan Analisis Varian dengan rancangan dasar Rancangan Acak Lengkap dan selanjutnya rnembandingkan nilai tengah antar perlakuan dengan menggunakan uji Wilayah Ganda Duncan dengan taraf signifikasi 5%. Hasil Analisis Varian rnenunjukkan bahwa penggunaan bokashi berbeda nyata terhadap semua parameter. Hal ini berarti bahwa pemakaian bokashi jerami, bokashi iegum, bokashi pupuk kandang dan bokashi pupuk kandang-arang dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman caisim. Perlakuan bokashi yang berbeda menyebabkan pengaruh pertumbuhan dan produksi tanaman caisim yang berbeda.Pertumbuhan dan produksi yang terbaik diperoleh dari penggunaan bokashi pupuk kandang-arang, yang mempunyai rasio C/N 26,83.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30046
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:19 Oct 2011 10:31
Last Modified:19 Oct 2011 10:31

Repository Staff Only: item control page