Pengaruh pemberian pupuk Eceng Gondok dan Kascing terhadap komposisi dan struktur Komunitas Mesofauna Tanah di Tanah tefalan

Nugraheni, Amila (2001) Pengaruh pemberian pupuk Eceng Gondok dan Kascing terhadap komposisi dan struktur Komunitas Mesofauna Tanah di Tanah tefalan. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
339Kb
[img]
Preview
PDF
487Kb
[img]
Preview
PDF
420Kb
[img]
Preview
PDF
555Kb
[img]
Preview
PDF
314Kb
[img]
Preview
PDF
470Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

607Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

756Kb
[img]
Preview
PDF
331Kb
[img]
Preview
PDF
384Kb
[img]
Preview
PDF
589Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2275Kb

Abstract

RINGKASAN Amila Nugraheni. .12B 096 070. Pengaruh Pemberian Pupuk Eceng Gondok dan Kascing Terhadap Komposisi dan Struktur Komunitas Mesofauna Tanah di Tanah Tegalan (di bawah bimbingan Hendarko Sugondo dan Mochamad Hadi ). Mesofauna tanah merupakan salah satu komponen dari ekosistem tanah Keberadaan dan aktivitasnya di dalam tanah dapat mempengaruhi kesuburan tanah. Namun aktivitas dan keberadaan mesofauna tanah ini sangat ditentukan oleh ketersediaan bahan organik di dalam tanah. Oleh karena itu ketersediaan bahan organik di dalam tanah harus selalu diperbaharui. Salah satu usaha untuk memperbaharui ketersediaan bahan organik di dalam tanah adalah pemupukan dengan menggunakan bahan organik seperti pupuk Eceng Gondok dan Kascing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada komposisi dan struktur mesofauna tanah di tanah tegalan akibat pemberian pupuk eceng gondok dan kascing dengan berbagai dosis yang berbeda. Pengambilan contoh tanah pada kedalaman 10 cm dilakukan dengan menggunakan modifikasi bor tanah bervolume 200 cm3. Mesofauna tanah dipisahkan dengan menggunakan corong Tullgren. Selain itu dilakukan pengambilan sampel mesofauna tanah permukaan dengan menggunakan perangkap Barber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemberian tunggal pupuk eceng gondok dan kascing serta interaksinya memberikan pengaruh yang nyata terhadap jurnlah total mesofauna tanah. Pemberian pupuk eceng gondok dan kascing dengan kombinasi dosis 1 kg/m2 pupuk eceng gondok dan 0,5 kg/m2 kascing serta kombinasi dosis 0,5 kg/m2 pupuk eceng gondok dan 1 kg/m2 kascing merupakan kombinasi dosis yang cocok bagi kehidupan mesofauna tanah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30045
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:19 Oct 2011 10:27
Last Modified:19 Oct 2011 10:27

Repository Staff Only: item control page