Pemberian EM4 dalam pembuatan Bokashi Jerami dan penyiraman lanjutannya terhadap pertumbuhan tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.)

Sariningsih , Endar (2000) Pemberian EM4 dalam pembuatan Bokashi Jerami dan penyiraman lanjutannya terhadap pertumbuhan tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2088Kb
[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
358Kb
[img]
Preview
PDF
484Kb
[img]
Preview
PDF
441Kb
[img]
Preview
PDF
670Kb
[img]
Preview
PDF
318Kb
[img]
Preview
PDF
451Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

450Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

439Kb
[img]
Preview
PDF
327Kb
[img]
Preview
PDF
387Kb
[img]
Preview
PDF
744Kb

Abstract

Endar Sariningsih. J 201 95 1248. Pemberian EM4 Dalam Pembuatan Bokashi Jerami Dan Penyiraman Lanjutannya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). (Di bawah bimbingan Hirawati Muliani dan Erma Prihastanti). Bokashi merupakan bahan organik yang telah difermentasikan dengan EM4 (Effective Microorganism 4). EM4 sendiri merupakan suatu kultur campuran berbagai mikroorganisme, yaitu: bakteri Lactobacillus sp, Actinomycetes sp, bakteri fotosintetik, ragi, dan cendawan fermentasi. Bokashi dipergunakan sebagai pupuk organik dalam rangka peningkatan budidaya pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yang manakah di antara perlakuan pemberian konsentrasi EM4 yang berbeda dalam pembuatan .bokashi jerami, -perlakuan penyiraman EM4 lanjutan pada media tanam atau kedua macam perlakuan tersebut yang akan memberikan basil terbaik terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit dan untuk mengetahui interaksi antara perlakuan pemberian konsentrasi EM4 yang berbeda dalam pembuatan bokashi jerami dengan penyiraman EM4 lanjutan pada media tanam terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit. Percobaan yang dilakukan nierupalcan percobaan faktorial 4 x 3 dengan faktor perlakuan pemberian konsentrasi EM4 yang berbeda dalam pembuatan bokashi jerami (E), yaitu: konsentrasi EM4 0% v/v (E0), konsentrasi EM4 0,2% v/v (El), konsentrasi EM4 0,5% v/v (E2), konsentrasi EM4 0,8% v/v (E3) dan faktor perlakuan penyiraman EM4 lanjutan pada media tanam (K), yaitu: penyiraman EM4 0% v/v (KO), penyiraman EM4 0,1% v/v (K1), penyiraman EM4 0,2% v/v (K2). Data yang diperoleh dianalisis dengan anova .dan uji lanjut dengan menggunakan uji DMRT (Duncan 's Multiple Range Test) pada tingkat signiftkasi 5%. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah dawn, berat bawah dan berat kering tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian konsentrasi EM4 0,5% dalam pembuatan bokashi jerami dan penyiraman EM4 lanjutan pada media tanam sebesar 0,2% rnemberikan basil terbaik terhadap pertumbuhan tanaman dan terdapat interaksi pemberian konsentrasi EM4 yang berbeda dalam pembuatan bokashi jerami dengan penyiraman EM4 lanjutan pada media tanarn terhadap pertumbuhan tanaman cabal rawit.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30043
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:19 Oct 2011 10:22
Last Modified:19 Oct 2011 10:22

Repository Staff Only: item control page