Potensi parasitoid (Trichogrammanana Zehnt (Trichogrammatidae) sebagai pengendali hama pengerek Polong Kedelai Etiella zinckenella Treit (Pyralidae)

Nurnaningsih, Titi (2001) Potensi parasitoid (Trichogrammanana Zehnt (Trichogrammatidae) sebagai pengendali hama pengerek Polong Kedelai Etiella zinckenella Treit (Pyralidae). Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]
Preview
PDF
348Kb
[img]
Preview
PDF
490Kb
[img]
Preview
PDF
376Kb
[img]
Preview
PDF
733Kb
[img]
Preview
PDF
319Kb
[img]
Preview
PDF
571Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

781Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

459Kb
[img]
Preview
PDF
331Kb
[img]
Preview
PDF
426Kb
[img]
Preview
PDF
741Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2598Kb

Abstract

RINGKASAN Titi Nurnaningsih. Potensi Parasitoid Trichogramma tiana Zehnt (Trichogrammatidae) Sebagai Pengendali Hama Penggerek Polong Kedelai Etiella zincketiella Treit (Pyralidae) (dibawah bimbingan Hendarko Sugondo dan Mochammad Hadi). Etiella zinckenella merupakan salah satu hama tanaman kedelai yang sangat merugikan. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha untuk menanggulangi llama tersebut dengan memanfaatkan agen biologi berupa parasitoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji daya parasitasi Trichogramma nana terhadap telur hama penggerek polong kedelai Etiella zinckenella. Juga untuk mengetahui lama hidup parasitoid di laboratorium dengan menggunakan inang telur Etiella zinckenella dan telur Corcyra cephalonica serta untuk mengkaji pengaruh jenis inang yang berbeda terhadap daya parasitasi parasitoid di laboratorium. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Entomologi Balai Penelitian Tanaman Kacang—kacangan dan Umbi—umbian, Malang, pada bulan September sampai November 1999. Untuk mengkaji daya parasitasi dan daya tetas parasitoid digunakan 5 jenis perbandingan parasitoid dengan telur Etiella zinckenella yaitu 10 : 40, 1 : 50, 10 : 60, 10 : 70 dan 10 : 80. Perbandingan ini juga dipakai untuk pengujian daya parasitasi dan daya tetas parasitoid dengan telur Corcyra cephalonica. Pada uji lama hidup parasitoid dewasa di laboratorium digunakan piss 1 x 1 cm begitu juga untuk uji pengaruh waktu terhadap pemunculan parasitoid. Pengujian daya parasitasi dan daya tetas menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisa data dengan ANOVA, bila ada beds nyata dilanjutkan uji jarak berganda Duncan pada jenjang kesalahan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan daya parasitasi dan daya tetas parasitoid tidak dipengaruhi oleh jumlah telur inang. Jenis inang, ukuran telur dan ketidaknormalan telur cenderung meningkatkan daya parasitasi parasitoid dimana parasitoid mampu memparasit 32,68 % pada telur Etiella zinckenella dan 65,03 % pada telut Corcyra cephalonica, Lama hidup parasitoid di laboratorium berkisar 3 — 4 hari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30037
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:19 Oct 2011 10:02
Last Modified:19 Oct 2011 10:02

Repository Staff Only: item control page