Kelimpahan dan keanekaragaman makrobenta pada berbagai tingkatan umur tegakan bakau (Rhizophora sp) di perairan pantai Desa Surodadi, Kecamatan Sayung Kabupaten Demak

Triatmojo , Sugeng (1997) Kelimpahan dan keanekaragaman makrobenta pada berbagai tingkatan umur tegakan bakau (Rhizophora sp) di perairan pantai Desa Surodadi, Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2087Kb
[img]
Preview
PDF
19Kb
[img]
Preview
PDF
346Kb
[img]
Preview
PDF
449Kb
[img]
Preview
PDF
421Kb
[img]
Preview
PDF
766Kb
[img]
Preview
PDF
319Kb
[img]
Preview
PDF
373Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

482Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

552Kb
[img]
Preview
PDF
337Kb
[img]
Preview
PDF
412Kb

Abstract

Sugeng Triatmojo (J201920759), Kelimpahan dan Keanekaragaman makrobentos pada berbagai tingkatan umur tegakan bakau CRhizophora sp.) di perairan pantai Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak CD1bawah bimbingan H. Hendarko Sugondo selaku pembimbing utama dan Mochammad Hadi selaku pembimbing pendamping). Tel ah di 1 ak ukan penelitian mengenai kelimpahan dan keanekaragaman makrobentos pada berbagai tingkatan umur tegakan bakau CRhizophora sp.) di perairan pantai Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Penelitian i ni bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari kelimpahan dan keanekaragaman makrobentos pada berbagai tingkatan umur tegakan Rhtzophora sp dan pengaruh faktor lingkungan terhadap kelimpahan dan keanekaragaman makrobentos. Tingkatan umur tegakan di bags menjadi: umur kurang dari 2 tahun, 2-5 tahun, dan lebih dari 5 tahun. Pengambilan sampel dilak'ukan pada bul an Februari, Mar et dan Juni 1997 dengan metode Sistematik- random C. scat pasang dan surut). Pada masing-masing lokasi diambil 3 titik pengambilan sampel dengan ulangan 3 kali. Data yang diperoleh kemudian dianalisis str uk tur komunitasnya dengan indeks kelimpahan CDiD, keanekaragaman CH'), pemerataan Ce) dan indeks kesamaan CSs). Komposisi substrat di analisis di Laboratorium Mekanika Tanah F. Teknik Hasi 1 penelitian menunjukkan bahwa ada kecenderungan semakin tinggi tingkatan umur tegakan Rhizophora sp maka kelimpahan jenis makrobentos di sekitarnya juga akan semakin tinggi. Demikian pula dengan keanekaragaman jenis yang menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkatan umur tegakan maka .semakin tinggi pula keanekaragaman jenis, yang berarti semakin stabil ekosistem tersebut. Faktor fisik seperti substrat dan pasanq surut ternyata cenderung mempengaruhi kelimpahan dan keanekaragaman makrobentos di ketiqa lokasi tegakan tersebut. Sementara itu faktor fisik-kimia yang lain, nampaknya kuranq ber pengar uh.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30006
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:19 Oct 2011 07:48
Last Modified:19 Oct 2011 07:48

Repository Staff Only: item control page