Hendra Dahana, Sukmawan (2000) PUSAT KOLOBORASI SENI KONTEMPORER DI YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip.
| PDF - Published Version 51Kb |
Abstract
1.1. Latar Belakang Seni selalu menarik untuk dibicarakan bukan hanya karena keindahannya, terlebih-lebih karena pada kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari,disadari atau tidak, manusia tidak dapat lepas dari seni. Seiring dengan perkembangan kebudayaan, seni sebagai salah satu produk budaya tersebut juga mengalami perkembangan, sebagai refleksi dari keadaan masa itu. Begitu juga seni kontemporer yang merupakan refleksi dari fenomena social yang menunjukkan kondisi kreatif pada masa terakhir, tidak terlepas pula dari perkembangan tersebut. Namun demikian seni kontemporer mempunyai sifat yang lebih populis dan membumi daripada seni tradisional. Karena sifat itulah menjadikan seni kontemporer lebih mudah ditangkap, dicerna dan diapresiasi. Pada saat ini seni kontemporer berkembang dalam bidang-bidang seni visual (visual art) seperti seni visual yaitu seni patung, seni lukis, seni instalasi, seni keramik dan seni pertunjukan(performing art) seperti seni musik, seni tari, drama/teater dan sebagainya. Bidang-bidang seni ini cenderung terkotak-kotak dan berjalan sendiri-sendiri, sehingga seolah-olah tumbuh dari akar yang berbeda. Hal tersebut tak lepas karena fasilitas-fasilitas seni yang terpisah-pisah, tidak ada kerjasama dan keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, disamping tidak adanya wadah kegiatan seni kontemporer yang terpadu, yang mampu meleburkan, mengkolaborasikan, menginteraksikan berbagai bidang seni membentuk suatu kinerja baru. Padhal sekarang telah banyak dijumpai kegiatan kolaborasi seni, terutama pada seni rupa dan pertunjukan seni kontemporer. Kolaborasi seni yang dimaksud adalah adanya kerjasama, interaksi dan penggabungan antara unsure-unsur seni maupun para pelaku seni (seniman) yang menghasilkan suatu bentukan baru. Dengan adanya kolaborai seni tersebut akan menghasilkan suatu karya seni yang lebih sekedar seni murni dari masing-masing unsur seni. Dengan dibentuknya suatu wadah pusat kolaborasi seni kontemporer ini diharapkan seluruh aktivitas seni kontemporer baik yang melibatkan seniman, pemerhati seni, wisatawan maupun masyarakat awam dapat diwadahi dalam satu pusat kegiatan. Pusat Kolaborasi Seni Kontemporer merupakan fasilitas kesenian tempat eksperimen dan apresiasi para seniman untuk menampilkan karya-karya seni. Kompleksitas dari sarana prasarana yang ada dan kolaborasi dari berbagai bidang seni menjadi perhatian utama. Oleh karena itu suasana yang kondusif, interaktif, komunikatif dan rekreatif merupakan unsur perimbangan utama. Sesuai dengan namanya, bangunan ini nantinya berfungsi sebagai tempat pementasan dan pertunjukan kolaborasi seni, pameran kolaborasi karya seni rupa, bengkel-bengkel kerja untuk proses peniciptaan, galeri dan café, pusat bedah karya dan informasi seni, dan sebagainya. Yogyakarta, sebagai kota pendidikan dan budaya merupakan pelopor seni, baik tradisional, klasik maupun kontemporer, dengan background sejarahnya yang kuat. Sebagai kota pendidikan, Yogyakarta memiliki institusi-institusi seni yang banyak melahirkan seniman-seniman berbakat dan merupakan lahan yang subur bagi perkembangan seni kontemporer bail visual art maupun performing-artnya. Dari uraian di atas, kota Yogyakarta, sebagai pusat budaya sekaligus pusat keberagaman unsure-unsur budaya yang masuk, belum mempunyai tempat yang memadai untuk kegiatan seni kontemporer yang terpadu. Hal ini sangat disayangkan dengan memperhatikan potensi-potensi kesenian yang ada serta aktivitas kesenian kontemporer yang cukup tinggi frekuensinya. Melihat kondisi diatas, maka Yogyakarta membutuhkan suatu wadah pusat kegiatan seni kontemporer yang presentatif, sebagai prasarana dan sarana untuk mengkomunikasikan dan mengapresiasi seni, juga tempat bereksperimen, berkolaborasi, menuangkan ide-ide dan menjembatani antara wacana pemikiran dari berbagai disiplin ilmu (seniman,budayawan maupun masyarakat awam), sekaligus sebagai asset wisata budaya bagi peminat seni, wistawan dan masyarakat. 1.2. Tujuan dan Sasaran Tujuan daripenulisan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) ini adalah untuk menambah dan memperdalam pengetahuan, menggali segala tuntutan dan criteria dasar yang dibutuhkandalam prencanaan dan perancangan arsitektur Pusat Kolaborasi Seni Kontemporer di Yogyakarta. 1.3. Lingkup dan Pembahasan Dalam penulisan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) Pusat Kolaborasi Seni Kontemporer di Yogyakarta ini pembahasan ditekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan disiplin ilmu arsitektur, sedangkan masalah-masalah diluar lingkup arsitektur yang mempengaruhi, melatarbelakangi dan mendasari factor-faktor perancangan akan dibahas sejauh berkaitan dan dapat menunjang tercapainya sasaran penulisan LP3A ini. 1.4. Metoda Pembahasan Metoda yang digunakan dalam penulisan laporan ini adlah metoda penulisan deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran segala permasalahan dan keadaan yang ada, kemudian dianalisis serta dinilai dari sudut pandang ilmu yang relevan untuk mendapatkan suatu criteria desain dan dasar perancangan. Metoda pengumpulan data yang dilakukan adalah metode survey kepustakaan dan survey lapangan dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut : 1. Wawancara, dilakukan dengan pihak-pihak yang terkait dan kompeten dengan topikpermasalahan untuk mendapatkan data primer. 2. Studi literature, dilakukan untk mendapatkan data-data sekunder yang dalam hal ini termasuk studi kepustakaan, pengumpulan data dan peta, studi kasus melalui buku, majalah, brosur dan catalog antara lain Selasar Seni Sunaryo, Wexner Center for The Visual Arts, The Emery Performing Arts Center. 3. Survey / observasi lapangan, dilakukan sebagai pengamatan langsung terhadapobjek studi banding/kasus, antara lain Gedung PURNA BUDAYA Yogyakarta dan lokasi tapak terpilih. 1.5. Sistematika Pembahasan Sistematika pembahasan pada Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) Pusat Kolaborasi Seni Kontemporer di Yogyakarta adalah sebagai berikut : Bab I Pendahuluan Berisi tentang latar belakang, tujuan dan sasaran, lingkup pembahasan, metoda dan sistematika pembahasan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur. Bab II Tinjauan Pusat Kolaborasi Seni Kontemporer Berisi uraian tentang seni secara umum, pengertian seni kontemporer, pengertian kolaborasi seni kontemporer, aktivitas yang diwadahi serta uraian tentang studi banding/kasus sejenis yang ada. Bab III Tinjauan Kota Yogyakarta sebagai Pusat Kolaborasi Seni Kontemporer Berisi tentang kondisi kota Yogykarta secara umum, arahan kebijaksanaan pemanfaatan ruang kota, arahan pengembangan pariwisata Yogyakarta, potensi Yogyakarta sebagai pusat kolaborasi seni kontemporer. Bab IV Tinjauan Arsitektur Morphosis Berisi konsep dasar perancangan Morphosis dan implementasikan dalam beberapa karyanya. Bab V Kesimpulan, Batasan dan Anggapan Berisi tentang kesimpulan, batasan dan anggapan dalam perencanaan dan perancangan Pusat Kolaborasi Seni Kontemporer di Yogyakarta Bab VI Pendekatan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur Berisi tentang konsep dan program dasar perencanaan dan perancangan yang akan digunakan dalam perancangan fisik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
ID Code: | 2999 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 29 Dec 2009 15:04 |
Last Modified: | 29 Dec 2009 15:04 |
Repository Staff Only: item control page