Insidensi & Intensitas Ekhoperalit Dactylogynus sp pada Benih Ikan Clarias gafipinus dari beberapa sumber air di pasar benih ikan Ngrayag Kab. Magelang

Widyanto , Chandra (1997) Insidensi & Intensitas Ekhoperalit Dactylogynus sp pada Benih Ikan Clarias gafipinus dari beberapa sumber air di pasar benih ikan Ngrayag Kab. Magelang. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2091Kb
[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
346Kb
[img]
Preview
PDF
460Kb
[img]
Preview
PDF
388Kb
[img]
Preview
PDF
623Kb
[img]
Preview
PDF
321Kb
[img]
Preview
PDF
404Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

378Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

583Kb
[img]
Preview
PDF
348Kb
[img]
Preview
PDF
387Kb
[img]
Preview
PDF
559Kb

Abstract

CHANDRA WIDYANTO. J. 201 910 569. Insidensi dan Intensitas Ektoparasit Dactylogyrus sp Pada Benih Ikan Clarias garipienus Dari Beberapa Sumber Air di Pasar Benih Ikan Ngrajeg, Kabupaten Magelang (Dibawah bimbingan Hendarko Sugondo dan Erry Wiryani). Keberhasilan suatu budidaya ikan ditunjang oleh tersedianya benih ikan yang sehat, namun sejalan dengan upaya tersebut banyak kendala yang hares dihadapi, salah satunya adalah penyakit ikan. Benih ikan merupakan stadia yang rawan terhadap penyakit, termasuk didalamnya adalah penyakit yang ditimbulkan oleh parasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyerangan ektoparasit Dactylogyrus sp pada benih ikan Clarias garipienus, balk secara insidensi maupun secara intensitas yang mengacu pada kondisi lingkungan perairan pasar benih ikan Ngrajeg, Kabupaten Magelang. Metodologi yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan, dengan tahapan uji pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui kapasitas ideal benih ikan Clarias garipienus untuk masing-masing ember yang berkapasitas 10 liter yang kemudian dilanjutkan ke tahap perlakuan di dalam masing-masing air media pemeliharaan. Parameter yang diamati meliputi Insidensi (%) dan Intensitas (individu/ekor) ektoparasit Dactylogyrus sp sesudah percobaan dan kualitas air yang digunakan selama percobaan berlangsung. Berdasarkan penelitian ini tidak terdapat adanya perbedaan yang nyata dalam hal Insidensi dan Intensitas ektoparasit Dactylogyrus sp pada benih ikan Clarias garipienus pada media air yang digunakan. Kondisi kualitas air di pasar benih ikan Ngrajeg, Kabupaten Magelang ternyata masih memenuhi syarat pembudidayaan / pemeliharaan ikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29989
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:18 Oct 2011 14:09
Last Modified:18 Oct 2011 14:09

Repository Staff Only: item control page