Hubungan Jarak Lokasi Penanaman Dari Sumber Sulfur Kawah Sikidang Dieng Dengan Kadar Klorofil Dan Karotenoid Daun Kubis (Bras Sica Oleraceae Var. Capilata)

Prasetyahati , Diah (2005) Hubungan Jarak Lokasi Penanaman Dari Sumber Sulfur Kawah Sikidang Dieng Dengan Kadar Klorofil Dan Karotenoid Daun Kubis (Bras Sica Oleraceae Var. Capilata). Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1891Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
346Kb
[img]
Preview
PDF
524Kb
[img]
Preview
PDF
384Kb
[img]
Preview
PDF
590Kb
[img]
Preview
PDF
405Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

533Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

323Kb
[img]
Preview
PDF
376Kb
[img]
Preview
PDF
499Kb

Abstract

DIAH PRASETYAHATI. J2B000077. Hubungan Antara Jarak Lokasi Penanaman Dani Sumber Sulfur Kawah Sikidang Dieng Dengan Kadar Klorofil Dan Karotenoid Daun Kubis (Brassica oleraceae var. capitata). Di bawah bimbingan Sri Haryanti dan Endang Saptiningsih. Kawah Sikidang Dieng mengeluarkan gas sulfur dengan jumlah yang besar dalam bentuk SO2 dan H2S. Kadar gas sulfur di udara akan mengalami penurunan seiring dengan semakin jauhnya jarak dari kawah. Gas sulfur (SO2) mampu menyebabkan klorosis pada tanaman kubis yang ditanam pada lahan pertanian di sekitar kawah. Klorofil sebagai pigmen utama fotosintesis akan mengalami kerusakan. Kadar karotenoid sebagai pigmen pelengkap fotosintesis akan mengalami peningkatan sehingga dapat mengoptimalkan penyerapan cahaya untuk proses fotosintesis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara jarak lokasi penanaman dari Kawah Sikidang Dieng, sebagai sumber sulfur, dengan kadar klorofil dan karotenoid daun kubis. Penelitian ini menggunakan metode transek dengan penetapan jarak lokasi penanaman yaitu 100 m (stasiun. 1), 300 m (stasiun 2), 500 m (stasiun 3), dan 700 m (stasiun 4) dari sumber sulfur Kawah Sikidang Dieng. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier sederhana pada taraf signfikansi 95%. Parameter utama yang diukur adalah kadar klorofil a, klorofil b, klorofil total, dan karotenoid. Parameter pendukung yang diukur adalah faktor lingkungan meliputi kadar sulfur udara (data sekunder), keasaman (pH) tanah, temperatur, dan kelembaban relatif udara Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara jarak lokasi penanaman dari sumber sulfur Kawah Sikidang Dieng dengan kadar klorofil a, klorofil total, dan karotenoid, sedangkan dengan klorofil b tidak berhubungan. Kadar klorofil a dan klorofil total semakin meningkat seiring dengan semakin jauhnya jarak lokasi penanaman dari sumber sulfur Kawah Sikidang Dieng, sedangkan kadar karotenoid semakin menu= Kata kunci : Kubis (Brassica oleraceae var. capitata), klorofil, karotenoid, sulfur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29898
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:15 Oct 2011 13:40
Last Modified:15 Oct 2011 13:40

Repository Staff Only: item control page