Populasi kutu Daun Aphis sp (Homoptera : Apididae) pada Berbagai Tingkat Umur Pindah Tanarn Tallman Cabai Merah Capsicum annuum L

Kusriana , Dwi (1999) Populasi kutu Daun Aphis sp (Homoptera : Apididae) pada Berbagai Tingkat Umur Pindah Tanarn Tallman Cabai Merah Capsicum annuum L. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
22Kb
[img]
Preview
PDF
519Kb
[img]
Preview
PDF
357Kb
[img]
Preview
PDF
422Kb
[img]
Preview
PDF
541Kb
[img]
Preview
PDF
318Kb
[img]
Preview
PDF
481Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

422Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

434Kb
[img]
Preview
PDF
324Kb
[img]
Preview
PDF
358Kb
[img]
Preview
PDF
869Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1957Kb

Abstract

DWI KUSRIANA J 201 92 0744. Populasi kutu Daun Aphis sp (Homoptera : Apididae) pada Berbagai Tingkat Umur Pindah Tanarn Tallman Cabai Merah Capsicum annuum L, (Di bawah bimbingan Hendarko Sugondo dan Mocharnad Hadi). Kutu Daun Aphis sp merupakan hama utania yang menyerang tanaman cabai merah C. annuum L. Kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan oleh kutu daun bails yang terdapat pada stadium nimfa maupun kutu daun bersayap sebanding dengan keadaan populasinya Tinggi rendahnya populasi kutu daun tersebut perlu diketahui untuk membantu meramalkan hama kutu dam yang akan datang, agar tindakan dalam pencegahan tidak mneyimpang dari prinsip pengendalian hama, sehingga penaggulangan hama dapat dilakukan lebih dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari populasi kutu daun Aphis sp (Homoptera : Aphididae) pada berbagai tingkat umur pindah tanam tanaman cabai merah C. annuum L. yang dipindahtanamkan pada saat berumur 3, 4, 5, 6, dan 7 minggu dan pada umur pindah tanam berapakah diperoleh populasi kutu daun yang tertinggi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 1997 sarnpai bulan Februari 1998 di lahan pertanian Balai Penyuluh Hama Pertanian (BPHP) Pakopen Ambarawa. Penelitian dilakukan dengan menghitung jumlah nintfa dan jumlah kutu daun bersayap per tanaman yang sudah dipindahtanamkan. Pemindahan tanaman dilakukan pada saat berumur 3, 4, 5, 6, dan 7 minggu pada petak penanaman berukuran 3 m X 3 m dengan jarak tanam 0,5 m X 0,5 in. Pengamatan dilakukan 4 kali dimulai 2 minggu setelah pindah tanam dengan ulangan sebanyak 5 kali. Data jumlah nimfa dan kutu daun bersayap dianalisis dengan Analisis of Varians (Anova) dan dilanjutkan Uji Wilayah Jarak Berganda Duncan dengan tingkat kepercayaan 5 % untuk mengetahui perbedaart antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai tingkat urnur pindah tanam tanaman cabai merah yang dipindahtanamkan pada saat berumur 3, 4, 5, 6, dan 7 minggu mempengaruhi populasi nimfa, tetapi tidak rnernpengaruhi populasi kutu daun bersayap. Pop ulasi nimfa tertinggi diperol eh pada umur pindah tanam 6 minggu (pada pengamatan III), yakni tanaman berurnur sekitar 3 bulan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29849
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:17 Oct 2011 11:57
Last Modified:17 Oct 2011 11:57

Repository Staff Only: item control page